Pesona Candi dan Pantai Perbatasan Jawa Timur-Jawa Tengah, Cocok Jadi Lokasi Ngabuburit

Reporter: Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com- Candi yang berada di pinggir pantai perbatasan berdiri gagah dan memiliki pesona yang indah. Letaknya yang strategis berada antara tugu Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Sebagai batas provinsi, berdirinya candi di tepi pantai memberikan kesan suasana yang menarik. Pantainya yang eksotis dapat memanjakan mata para pengunjung yang singgah. 

Angin yang sepoi dan menenangkan ditambah dengan megahnya bangunan candi yang bisa digunakan mengabadikan momen. Utara candi terlihat hamparan pantai yang biru dan terdapat beberapa perahu nelayan yang sedang berlayar mencari ikan.

Ketika sore hari terik matahari sudah tidak terlalu panas, sehingga para pengunjung mulai berdatangan. Tak hanya melihat keindahan candi dan pantai, pengunjung juga dapat menikmati sunset yang menguning dan kian menawan.

Tak heran jika lokasi tersebut digunakan sebagai tempat ngabuburit oleh warga sekitar di bulan Ramadan 1443 Hijriyah. Shirfa salah satu pengunjung mengatakan candi yang berada di pinggir pantai letaknya strategis.

"Tidak menguras kantong, dan suasananya sangat indah,” ucap Syirfa kepada blokTuban.com, Jumat (8/4/22).

Untuk menikmati keindahannya, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Karena di candi perbatasan bebas tidak dikenakan biaya. Untuk parkir juga gratis, pengunjung dapat menata kendaraanya di sekitar candi supaya tidak mengganggu lalu lintas. 

Menurut Ika pengunjung lain dari Rembang, bahwa suasana di perbatasan Jateng-Jatim tersebut nyaman dan tenang.

"Viewnya juga bagus untuk mengambil foto. Pengunjung dapat memilih tempat ini sebagai lokasi ngabuburit biasanya datang untuk mengambil foto, menikmati suasana pantai, menunggu sunset, dan terkadang hanya menunggu adzan maghrib sembari menikmati senja," sambungnya. 

Pantauan blokTuban.com, mulai pukul 15:00 WIB sudah mulai banyak pengunjung di candi pantai perbatasan. Kendati demikian, pada pukul 17:00 WIB candi sudah mulai sepi pengunjung, letaknya yang berada di pinggir pantura sehingga sepi dari para penjual. [Lina/Ali]