Stok Solar di Kecamatan Plumpang Kembali Stabil

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar sempat terjadi di beberapa daerah di Kabupaten Tuban sejak beberapa hari terakhir ini, sehingga mengakibatkan terjadinya antrean kendaraan di sejumlah SPBU yang masih memiliki stok. 

Kelangkaan stok BBM berjenis solar itu, juga sempat terjadi di salah satu SPBU yang berada di Kecamatan Plumpang. Menurut Supriyadi, salah satu operator SPBU mengatakan, sejak memasuki bulan Ramadan stok solar sudah kembali stabil seperti sedia kala. 

“Sekarang solar sudah mulai lancar, sempat mengalami kelangkaan selama seminggu,” terangnya kepada blokTuban.com, Minggu (3/4/2022)

Langka nya stok solar, lanjut Supriyadi terjadi lantaran kurangnya pasokan solar dari pusat sedangkan permintaan dari masyarakat meningkat. 

Kendati sempat mengalami kelangkaan, akan tetapi pria yang berasal dari Desa Plumpang itu tidak membatasi jumlah pembelian. Sebab, menurutnya saat ini sudah ada alat yang memiliki batas maksimal pengisian kendaraan dengan sistem online. 

“Soalnya pasokannya kurang dan permintaan banyak biasanya rutin pengiriman solar 16 ton. Sempat pengiriman berkurang dari pusat cuma 8 ton, tapi mulai kemarin itu sudah mulai lancar dan sepi. Pembeli nggak dibatasi pembeliannya karena sudah menggunakan alat dan ada ketentuan yang tercantum di alatnya itu,” katanya. 

Pria ramah itu juga mengungkapkan meskipun solar sedang langka, di SPBU tempatnya bekerja tidak sampai terjadi penumpukan kendaraan selama ber jam-jam. Banyak pengendara yang mengisi solar dengan full, sebab mayoritas pembeli berasal dari Jawa Tengah

“Nggak sampai terjadi penumpukan truk cuma ngisinya full full karena disini banyak konsumen yang berasal dari Jawa Tengah kan kirim batu di sini dan pulangnya ngisi disini, dari daerah Rembang itu kan banyak,” lanjutnya. 

Selain karena permintaan bahan bakar solar yang meningkat, adanya kelangkaan solar juga disinyalir karena kuota subsidi yang terbatas. Sekaligus pengaruh dari perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina, sehingga minyak dunia meningkat. [Sav/Ali]