Resep Sate Ayam Bumbu Rujak, Makanan Sederhana Cocok untuk Menu Buka Puasa

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Memasuki bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah, terkadang banyak ibu rumah tangga yang bingung untuk menyiapkan menu buka puasa dan sahur yang digemari oleh seluruh anggota keluarga. 

Pasalnya, seringkali kebanyakan anggota keluarga tidak selera makan dan bosan jika masakan yang dihidangkan adalah menu yang sama. Itulah sebabnya, ibu rumah tangga perlu memutar otak untuk bisa menyiapkan menu favorit keluarga untuk disantap bersama selama bulan Ramadan. 

Salah satu menu yang bisa dicoba untuk menu buka puasa ialah Sate Ayam Bumbu Rujak. Makanan satu ini sekilas mirip dengan ayam bakar, namun rasanya tentu sangat berbeda. 

Rifdatul Ummah, salah satu ibu rumah tangga yang berasal dari Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban mambagikan resep sate ayam bumbu rujak. Bahan yang harus disiapkan antara lain adalah ½ kilogram ayam, cabai merah, tomat, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan juga kunyit. 

“Dikira-kira saja, biasanya saya pakai 8 bawang merah dan 4 siung bawang putih. Kalau nggak pakai tomat bisa pakai asam jawa untuk memberikan rasa asam di bumbunya,” terangnya kepada blokTuban.com, Minggu (3/4/2022). 

Setelah bahan yang dibutuhkan siap, lanjutnya maka seluruh bumbu dihaluskan menggunakan blender. Baru kemudian ayam yang sudah disiapkan sebelumnya di cuci hingga bersih dan di potong kecil-kecil berbentuk dadu. 

Bumbu yang sudah dihaluskan itu kemudian di tumis, hingga harum dan matang dengan sedikit memasukkan garam, gula serta penyedap rasa secukupnya.

“Jangan lupa juga masukin serai yang sudah digeprek dan daun salam. Kemudian ongseng terus bumbunya sampai matang, jangan sampai gosong,” katanya. 

Langkah selanjutnya setelah bumbu matang, maka daging ayam yang sudah di potong seperti dadu dilumuri sedikit bumbu dan ditusuk seperti sate pada umumnya. Berikutnya, perempuan 50 tahun itu mengatakan sate kemudian dipanggang beberapa menit hingga matang. 

“Setelah diberi bumbu sedikit dan dicampur, lalu ditusuk dan dipanggang beberapa menit sekiranya sudah matang baru diangkat,” lanjutnya. 

Ketika sate dirasa sudah matang dan berhasil diangkat, maka yang harus dilakukan ialah melumurinya dengan bumbu rujak yang telah matang sebelumnya ke daging ayam secara merata satu demi satu. Barulah sate ayam bumbu rujak siap untuk disantap bersama keluarga. 

“Kalau proses pemberian bumbu ini memang harus sabar, karena prosesnya harus satu-satu supaya bumbu nya merata,” tutupnya. [Sav/Ali]