Kisah Sunan Kalijaga di Makam Ploso Senori Tuban

Reporter : Siti Yuhani Lailatul Erlina Nur Rahmawati

blokTuban.com- Sunan Kalijaga atau dikenal Raden Sahid adalah seorang dari sembilan wali yang menyebarkan Islam di tanah Jawa. Masyarakat luas mengetahui bahwa makamnya terletak di Kadilangu, Demak. 

Berdasarkan sumber lain terdapat makam Sunan Kalijaga di Makam Ploso yang terletak di Dusun Soko, Desa Medalem, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Makam Ploso terletak di tengah sawah dan dikelilingi sembilan pohon ploso, namun saat ini hanya tersisa lima pohon.

Menurut Taufiq yang menjadi salah satu juru kunci di Makam Ploso, menjelaskan pada mulanya makam Sunan Kalijaga tidak diketahui oleh warga sekitar. Pertama kali ditemukan oleh Mulyadi yang tinggal di tengah sawah kemudian seringkali didatangi laki-laki menggunakan jubah hitam lalu mengatakan “jika kamu ingin kembali hidup enak, peliharalah makam Sunan Kalijaga” lalu Mulyadi diajak ke makam ploso songo.

Mulyadi menceritakan hal itu kepada kiai Zubaidi Tuban, lalu kiai Zubaidi datang kepada kiai Hamid Pasuruan menceritakan tentang hal tersebut dan kiai Hamid membenarkan adanya. 

"Dari pihak desa melaporkan keberadaan makam Sunan Kalijaga kepada atasan namun tidak ada respon. Pada tahun 1999, Gus Dur mendapat petunjuk jika ingin negaranya tentram harus berziarah ke makam Sunan Kalijaga," ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (3/4/2022). 

Ketika berziarah di Kadilangu Demak, Gus Dur mendapat firasat bahwa makam Sunan Kalijaga berada di Tuban dengan tanda terdapat polon Ploso sembilan. Melalui Riyadh Sauri dikenal dengan sebutan Gus Aya mencari keberadaan makam tersebut. 

"Dilakukan pencarian kemudian diterima informasi bahwa keberadaanya di Dusun Soko, Desa Medalem, Kecamatan Senori," imbuhnya. (Semua kebenarannya Wallahu A’lam).

Setelah kedatangan Gus Dur, barulah makam Sunan Kalijaga diresmikan dan banyak peziarah berdatangan. Taufik mengatakan menurut Gus Dur, yang di sini itu rumahnya kalau di Kadilangu itu kantornya. 

Ketika dimulai pembangunan dan perbaikan, makam Sunan Kalijaga dibentuk juru kunci dan kepengurusan resmi. Makam Sunan Kalijaga di Senori Tuban kini telah dikenal masyarakat luas, bahkan peziarah berasal dari luar provinsi mulai berdatangan. [Lina/Ali]