Deklarasi Desa Sehat Mata Inklusif di Tuban, Peduli Lansia dan Disabilitas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang merupakan desa ketujuh yang mendeklarasikan sebagai desa sehat mata inklusif di Kabupaten Tuban, Jumat (1/4). Dipelopori oleh Bidan Desa, Kader Mata dan support Pemerintah Desa Ngadipuro, maka terbentuklah komite “Desa Sehat Mata” dengan legalitas SK Desa Sehat Mata dari Kepala Desa Ngadipuro, Kecamatan Widang. 

Kegiatan berlangsung di balai pertemuan Desa Ngadipuro dengan mengangkat inovasi yang bernama "DIMADU", yaitu desa inklusif sehat mata terpadu. 

Sedangkan di hari yang berbeda juga dilakukan kegiatan yang sama yaitu deklarasi desa sehat mata inklusif di Desa Tobo, Kecamatan Merakurak.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh camat widang Ir. Soesilo Hadi L, Kapolsek, Danramil, Puskesmas widang, Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban, serta turut hadir pula ketua Komite mata daerah Tuban, Djoko Mubarkah. 

Dalam sambutan sekaligus pembukaan, Camat Soesilo Hadi menyampaikan bahwa, pentingnya kesehatan mata, karena mata sebagai jendela dunia. Ia juga berbagi sedikit pengalamannya terkait gangguan mata yang di alaminya sewaktu masih muda, yaitu adanya tumor di salah satu matanya, sehingga mengharuskan nya untuk operasi pengangkatan tumor. 

"Saya pernah mengalami masalah kesehatan mata dan memang harus segera di operasi biar sembuh. Mata adalah jendela dunia, untuk itu kita harus menyadari pentingnya kesehatan mata," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama ketua Komite mata daerah Kabupaten Tuban, Joko Mubarkah menyampaikan pentingnya peran aktif masyarakat dalam pemberantasan masalah gangguan penglihatan di Kabupaten Tuban. 

"Dengan adanya desa sehat mata ini membuktikan bahwa peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam penanganan masalah gangguan penglihatan di Kabupaten Tuban, apalagi desa sehat mata kali ini istimewa karena tidak hanya peduli masalah kesehatan mata, tetapi juga peduli dengan keadaan disabilitas di wilayah desanya," sambung joko.

Dalam acara tersebut sekaligus diskusi penyusunan rencana kerja desa sehat mata inklusif tahun 2022 yang di pimpin oleh ketua desa sehat mata. Ada beberapa masukan dan usulan yang sudah disepakati menjadi rencana kerja desa sehat mata inklusif Ngadipuro dan Tobo tahun 2022.

Adanya desa sehat mata itu, diharapkan dapat meningkatkan cakupan penanganan atau tindakan pencegahan kebutaaan yang dapat dihindari. Melalui upaya yang komprehensif dengan memperkuat kapasitas dan sistem kesehatan mata yang ada di wilayah Desa Ngadipuro Kecamatan Widang dan Desa Tobo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban. [Ali]