Simak Jadwal dan Tempat Donor Darah di Tuban Selama Ramadan

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Pada bulan ramadan tahun ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupetan Tuban akan tetap menggencarkan kegiatan donor darah, guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan stok darah. 

Menurut Sardju Efendi, Humas PMI Tuban, sampai saat ini sudah ada beberapa jadwal yang masuk di bulan Ramadan, yaitu mulai tanggal 14 April hingga tanggal 22 April mendatang. 

Kendati sudah ada beberapa jadwal pasti yang masuk, namun Sardju tetap mengupayakan adanya penambahan jadwal dengan mengirimkan surat permohonan donor darah di beberapa instansi ataupun yayasan. 

“Baru beberapa instansi/komunitas/yayasan saja yang baru masuk, selebihnya masih kita usahakan untuk permohonannya. Seperti di masjid-masjid sudah kita kirimkan surat permohonan donor darah selepas sholat tarawih namun dari beberapa takmir belum ada jawaban,” terangya kepada blokTuban.com, Kamis (31/3/2022). 

Pria ramah itu melanjutkan, untuk lokasi dan jam pelaksanaan juga sudah mulai dijadwalkan. Rincian jadwal pasti penyelenggaraan donor darah di Kabupaten Tuban selama bulan Ramadan yang sudah masuk di PMI Tuban  hingga saat ini ialah pada 14 April Lons Club bertempat di Kayu manis Tuban pada pukul 16.30 WIB. 

Dilanjut pada 15 April, donor darah akan dilaksanakan di Masjid Husnul Khotimah Merakurak setelah sholat tarawih selesai dilaksanakan. Setelah itu, donor darah juga akan diselenggarakan pada 20 April di Masjid Permata Bonang setelah sholat tarawih. 

“22 April juga akan dilaksanakan di masjid Babussalam Tuban Akbar setelah sholat tarawih,” terangnya. 

Menjelang datangnya bulan suci Ramadan, PMI Tuban juga telah menggencarkan kegiatan donor darah di beberapa tempat. Pada hari terakhir kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat dan bertempat di beberapa titik di Kabupaten Tuban. 

“Besok kita ada jadwal tiga tempat hari terakhir sebelum masuk bulan Ramadan,” katanya. [Sav/Ali]