Jelang Ramadan, Ketersediaan Darah PMI di Kabupaten Tuban Aman

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) Kabupaten Tuban memastikan ketersediaan darah aman menjelang datangnya bulan suci Ramadan, sehingga dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

Sardju Effendi, Humas PMI Tuban mengatakan jika stok darah diperkirakan aman hingga 1-2 minggu bulan puasa. Kendati demikian, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi donor darah dan mengintensifkan kerjasama dengan semua pihak. 

“Untuk stok darah alhamdulillah aman untu 1-2 minggu saat bulan puasa,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Kamis (31/3/2022). 

Amannya ketersediaan darah tersebut, lanjut Sardju lantaran UDD PMI Kabupaten Tuban sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari, dengan gencar menggelar kegiatan donor darah baik di instansi maupun perusahaan yang ada di Kabupaten Tuban. 

“Memang sudah kita persiapkan dua minggu sebelumnya. Kita full kegiatan di instansi-instansi dan perusaan yang ada di Tuban,” ungkapnya. 

Hingga saat ini, pria ramah tersebut mengatakan ada sekitar 726 total ketersediaan kantong darah di UUD PMI Tuban, namun juga bisa berubah sewaktu-waktu. 

Lebih lanjut, Sardju lantas memberikan perincian stok 726 kantong darah yang tersedia tersebut. Yaitu meliputi golongan darah A sebanyak 140 kantong, golongan darah B 198 kantong, golongan darah O sebanyak 295 kantong. Sedangkan untuk golongan darah AB sebanyak 93 kantong darah, dengan komponen darah yang berbeda-beda. 

Seperti komponen darah Whole Blood (WB) golongan darah A sebanyak 6, golongan darah B berjumlah 5. Golongan darah O sebanyak 5, dan golongan darah AB berjumlah 5. Untuk Packed Red Cell (PRC), golongan darah A sebanyak 94, golongan darah B berjumlah 107, golongan darah O sebanyak 145, serta golongan darah AB berjumlah 68 kantong. 

Sedangkan komponen darah Thrombocyte (TC) yang tersedia hanya golongan darah A dengan jumlah 1 kantong darah. Untuk Fresh Frozen Plasma (FPP) golongan darah A sebanyak 9, golongan darah B berjumlah 6, golongan darah O sebanyak 19 dan golongan darah AB berjumlah 8. 

Selain itu, untuk komponen darah Plasma Convalescent (PC) golongan darah A sebanyak 30, golongan darah B berjumlah 80, golongan darah O sebanyak 126. Sedangkan untuk golongan darah AB berjumlah 12 kantong darah. [Sav/Ali]