Harga Sejumlah Bahan Pokok di Tuban Meroket

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Tuban meroket menjelang datangnya bulan Ramadan yang jatuh pada awal Bulan April mendatang, Rabu (30/3/2022). 

Salah seorang pedagang di Pasar Desa Plumpang, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Yudatin mengungkapkan, kenaikan harga pada sejumlah komoditas bahan pokok di lapak miliknya sudah terjadi sejak beberapa minggu yang lalu. 

“Semua harganya naik, nggak ada yang tidak naik sekarang apalagi mau ramadan seperti sekarang ini,” ungkapnya kepada reporter blokTuban.com saat ditemui di lapak jualannya. 

Yudatin juga menambahkan, sejumlah komoditas bahan pokok yang mengalami lonjakan harga jelang Ramadan tahun ini ialah cabai merah, cabai rawit dan juga telur. Sekalipun sejumlah kebutuhan pokokt naik, tetapi stoknya masih aman dan melimpah. 

Harga bahan pokok yang naik ialah cabai merah yang semula dengan harga Rp40 ribu kini naik menjadi Rp50 ribu per kilogram. Harga telur yang semula Rp23 ribu kini naik tipis dengan harga Rp24 ribu, sedangkan cabai rawit kini dikisaran harga Rp40 ribu per kilogram. 

“Stok nya lumayan banyak, tapi harganya itu yang naik semua,” imbuh Yudatin. 

Sementara itu pedagang lain yang berada di Kecamatan Widang, Parti menambahkan, saat ini gula pasir juga mengalami lonjakan yaitu Rp13.500 yang semula dengan harga Rp 11 ribu per kilogram. Sedangkan komoditas tomat justru mengalami penurunan harga dengan kisaran Rp8 ribu per kilogramnya. 

“Gula ini sekarang yang naik, habis dari harga Rp11 ribu sampai Rp11.500,  terus ke harga Rp12.500 sekarang udah naik lagi jadi Rp13.500,” terangnya. 

Perempuan ramah ini juga menambahkan,  sampai saat ini bahan pokok yang masih banyak dicari oleh masyarakat adalah komoditas minyak goreng dengan harga Rp23 ribu per liternya. [Sav/Ali]