Prajurit Kodim 0811 Tuban Terampil Gunakan Senjata Laras Panjang SS2 F4

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kemampuan semua prajurit TNI AD di markas Kodim 0811 Tuban dalam menggunakan senjata laras panjang SS2 F4 Caliber 5,56 MM dan Pistol FN 46 Caliber 9 MM masih cukup terampil. 

Realita tersebut diungkapkan Kasdim 0811/ Tuban, Mayor Czi Gatot Palwo Edi, saat memantau latihan menembak senjata ringan (latbakjatri) TW. I TA. 2022. Latihan selama dua hari tersebut dipusatkan di lapangan tembak Pongpongan Kecamatan Merakurak, Selasa (29/3/2022).

Kegiatan latihan menembak tersebut digelar dalam rangka pembinaan dan peningkatan kemampuan menembak bagi para prajurit Kodim 0811.

"Latihan menembak senjata ringan merupakan suatu program latihan yang harus dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak prajurit guna menghadapi tuntutan tugas di masa yang akan datang," ujar Kasdim dalam keterangan tertulisnya. 

Sementara itu, kemampuan menembak merupakan salah satu kemampuan dasar prajurit yang harus dikuasai dan dipelihara kemampuannya sehingga dapat tercapai prajurit yang professional dibidangnya.

Sebelum melaksanakan latbakjatri, lanjut Kasdim terlebih dahulu diadakan apel pengecekan sekaligus penyampaian bahwa latihan menembak merupakan program dari komando atas yang dijabarkan oleh satuan bawah ke dalam kalender latihan satuan.

Disebutkan Kasdim, latihan tersebut merupakan uji kemampuan prajurit Kodim 0811/Tuban dalam menembak, guna menunjang tugas tugas kedepannya yang alhamdulillah prajurit Kodim 0811/Tuban masih terpelihara kemampuan menembaknya.

“Pelaksanaan menembak tetap memperhatikan protokol kesehatan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan sebelum maupun selesai menembak membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang sudah disediakan,” jelasnya.

Kasdim mengaku bangga dengan hasil latihan menembak personil Kodim 0811/Tuban dan berharap agar kemampuan tersebut tetap dijaga dan dikembangkan. 

Sebab, menembak merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap prajurit TNI AD. Baik yang berdinas di satuan tempur, satuan bantuan tempur (Sat Banpur) maupun teritorial. [Ali]