Cicipi Kue Pancong, Kue Tradisional yang Diolah Makanan Kekinian di Tuban

Reporter : Nurul Khoiriyah

blokTuban.com – Kue tradisional memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah kue pancong atau lebih mirip dengan kue pukis. Kali ini, kue pancong diolah menjadi makanan kekinian, yang tentunya memiliki rasa yang lezat.

Kue pancong sendiri aslinya merupakan kue tradisional yang terbuat dari campuran tepung terigu dan dimasak dalam wajan dengan cetakan khusus. Kue pancong biasanya banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Sama seperti kue pancong, kue pancong pocong juga terbuat dari campuran tepung terigu. Cara memasaknya pun juga sama, yang membedakan adalah cara penyajiannya. 

“Jadi, kue pancong pocong ini aslinya kue tradisional, terus diolah jadi makanan kekinian,” ungkap salah satu penjaga outlet Pancong pocong,Fira (21), Jumat (25/3/2022). 

Jika biasanya kue pancong hanya disajikan begitu saja, kue pancong pocong disajikan dengan ditambahi berbagai macam topping. Toppingnya pun bermacam-macam, mulai dari oreo hingga keju.

Tak hanya topping, kue pancong pocong juga menyediakan banyak rasa. Diantaranya ada rasa cokelat, greentea, dan tiramisu. 

Meski baru buka cabang di Tuban beberapa hari yang lalu, lanjut FIra bawha outlet kue pancong pocong terus ramai oleh pembeli, bahkan sering kembali karena kehabisan.

“Alhamdulillah beberapa hari ini ramai terus, mulai dari grand opening kemarin. Ya semoga stabil seperti ini,” imbuh Fira.

Outlet yang terletak di Jalan Pemuda Tuban itu merupakan cabangkue pancong pocong yang baru buka, Minggu (20/3) lalu dengan membagikan 100 porsi kue pancong pocong gratis kepada pembeli pertama. [Rul/Ali]