Jangan Asal Beli, Ini Tips Memilih Sandal yang Tepat Agar Nyaman Dipakai

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sandal merupakan salah satu barang yang menjadi kebutuhan manusia karena dapat melindungi kaki dari hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah sebabnya sandal selalu laku di pasaran. 

Apalagi di zaman yang semakin modern saat ini, ada banyak model sandal trendi yang bermunculan. Namun, bagi pengguna sandal model saja tidak cukup untuk membuat nyaman kaki saat memakainya. 

Oleh karena itu, sebelum membeli sandal tidak boleh asal pilih. Beberapa hal harus diperhatikan terlebih dahulu oleh pembeli. Nadya Aisyah Salsabila, Owner dari brand Sandal Kelana mengungkapkan sebelum membeli sandal sebaiknya pembeli mencoba terlebih dahulu, agar bisa tahu sandal tersebut nyaman atau tidak di kaki. 

“Kalau beli offline lebih gampang karena bisa dicoba langsung jadi bisa ketahuan di kaki, nyaman atau tidaknya,” katanya kepada reporter blokTuban.com, Minggu (13/3/2022). 

Selain mencobanya terlebih dahulu, pembeli sebaiknya memperhatikan bahan yang digunakan dalam pembuatan sandal tersebut dengan merabanya. Untuk hal ini, ia tidak memiliki rekomendasi bahan yang baik untuk sandal karena tergantung kebutuhan pemakainya. 

Menyesuaikan ukuran dengan bentuk kaki juga merupakan hal lain yang harus diperhatikan. Disarankan olehnya untuk mencobanya terlebih dahulu, karena ukuran kaki yang tidak sesuai sangat berpengaruh dengan tingkat kenyamanan. 

Lebih lajut, perempuan asal Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban itu juga mengatakan ada baiknya jika pembeli memperhatikan jahitan atau lem yang ada pada sandal yang menjadi incarannya. Setiap jahitan sandal juga bisa mempengaruhi kekuatan dari sandal tersebut. 

Selain kekuatan yang harus diperhatikan oleh pembeli, hal lain yang perlu dilihat adalah jahitan atau lem dari sandal tersebut, yaitu dari tingkat kerapian dan juga kerekatan dari lem yang digunakan. 

“Kalau di lem juga dilihat lem nya rapi atau tidak dan merekat atau tidak. Kalau untuk kuat atau tidaknya bisa dibuktikan kalau sudah dipakai beberapa kali. Kalau di Kelana ini saya sudah buktikan kualitas lemnya bagus. Sol nya juga empuk, meskipun ada high heels pakai lama pun kaki tidak mudah capek karena empuk,” bebernya. 

Sementara bagi calon pembeli yang hendak membeli secara online, maka disarankan untuk benar-benar melihat dengan cermat terhadap deskripsi produk yang tertera. Selain itu, jangan lupa melihat ulasan yang telah diberikan pembeli lainnya, serta faham dengan jenis bahan yang dibutuhkannya. [Sav/Ali]