Berbagi Kebaikan, Hungry Button Bagikan 100 Porsi Nasi Setiap Minggu

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Wabah Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2019 lalu, membawa dampak dan perubahan besar bagi masyarakat. Bahkan, bisa dibilang saat ini semakin banyak masyarakat yang berada dalam kondisi cukup memperihatinkan karena kehilangan pekerjaan. 

Dalam situasi seperti itu, rupanya banyak bermunculan orang dermawan yang suka rela berbagi kebagikan bagi sesama. Dalam hal ini, ada beragam cara yang dapat dilakukan, salah satunya dengan menyalurkan donasi untuk para masyarakat yang membutuhkan. 

Di Kabupaten Tuban sendiri banyak komunitas-komunitas yang menyalurkan kebaikan dengan berdonasi. Salah satunya ialah platfrom Hungry Button yang berbagi nasi dengan tepat sasaran. 

“Ada dua langkah yang bisa dilakukan dengan platfrom Hungry button, yang pertama aksi donasi dan yang kedua mendaftarkan penerima,” ucap Saerul Viki, salah satu anggota kepada reporter blokTuban.com, Jumat (11/3/2022). 

Dalam hal ini, hungry Button sebagai perantara bagi pendonasi di Kabupaten Tuban untuk diberikan kepada yang benar-benar membutuhkan. Selain itu, aksi donasi ini sendiri dilakukan setiap hari. 

Tidak tanggung-tanggung, setiap minggunya platfrom yang terdiri dari lima anggota tersebut kurang lebih selalu membagikan 50-100  porsi nasi kepada masyarakat membutuhkan  yang berada diseluruh wilayah Tuban, tanpa terkecuali. 

“Untuk persyaratannya tentu tidak ada, kalau untuk pendataan donasi dan daftarkan penerima bisa langsung di website Hungry Button,” katanya. 

Lebih lanjut, pria ramah itu juga mengungkapkan para donatur memiliki dua pilihan dalam hal ini. Mereka dapat langsung berdonasi menggunakan nasi ataupun dengan uang tunai. 

Biasanya, dalam melakukan aksi tersebut sistem yang dilakukan yaitu mendatangi rumah kediaman penerima dan juga mengumpulkannya menjadi satu tempat.  

“Donatur juga bisa melakukan donasi langsung ke penerima sesuai dengan data yang ada di website kami. Selain itu, untuk penyerahan juga bisa diantarkan langsung dan juga bisa diantarkan volunteer,” ungkapnya. 

Meskipun tergolong baru, platfrom yang ada sejak bulan Agustus 2021 lalu itu juga menggandeng beberapa komunitas yang ada di Kabupaten Tuban untuk bergabung. Seperti Ikatan Solidaritas Tuban, Semangkuk Sedekah, Tuban Humanity, Toko Klontong, Respect Community, dan juga Sedekah Rombongan Tuban. [Sav/Ali]