Banjir Terjang Pemukiman Warga Trutup Tuban, Puluhan Rumah Rusak

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan beberapa daerah di Indonesia mengalami musibah banjir, termasuk beberapa daerah yang ada di Kabupaten Tuban. Salah satu desa yang ikut terendam banjir di Kabupaten Tuban ialah Desa Trutup, Kecamatan Plumpang. 

Banjir yang datang dari pegunungan yang berada di Desa Pakis, Kecamatan Grabagan tersebut sempat membuat warga panik. Hal ini terjadi lantaran banjir yang menerjang pemukiman warga itu mengakibatkan rumah salah satu warga longsor. 

“Terdapat salah satu rumah longsor dan retak-retak, serta perabotan milik warga hilang karena diterjang banjir tadi malam,” terang Mashudi, salah satu perangkat Desa Trurup saat di konfirmasi oleh reporter blokTuban.com, Selasa (8/3/2022). 

Selain intensitas hujan yang tinggi, Mashudi melanjutkan jika sungai di desanya mengalami pendangkalan sehingga banjir kiriman itu meluber ke jalanan dan merusak rumah warga.  

Akibat dari kejadian tersebut masyarakat setempat mengalami kerugian yang cukup besar, yaitu ditaksir hingga puluhan juta rupiah. Dalam kejadian itu, terdapat tujuh KK yang mengalami kerusakan cukup parah sedangkan 14 KK lainnya mengalami kerusakan ringan. 

“Kerugian spesifiknya diperkirakan sekitar Rp10 juta, untuk kerugian infrastuktur diperkirakan sekitar Rp50 jutaan,” ungkapnya. 

Biasanya, banjir yang merendam desa tersebut hanya terjadi sekitar dua jam. Kendati demikian, kedalaman air yang masuk ke rumah warga bervariasi, mulai dari setinggi betis hingga lutut orang dewasa. 

Terkait hal ini, pihak pemerintah desa berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Tuban dengan terjun langsung ke lokasi kejadian, guna memeriksa dampak dari banjir tersebut. Untuk sementara ini, pria ramah itu mengatakan jika korban yang terdampak banjir masih di data untuk diteruskan ke pihak terkait. 

“Kalau untuk penanganan jangka panjang kami masih berkoordinasi dengan pihak terkait,” tutupnya. [Sav/Ali]