Libur Akhir Pekan, Ajak Keluarga Yuk Petik Jambu Kristal di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bila sedang melintas di Kabupaten Tuban, ada baiknya menyempatkan singgah bersama keluarga di Angkringan Jambu Kristal Simo di Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar. Di lokasi yang cukup dengan jalur pantura itu, anda dapat refreshing untuk menghilangkan rasa jenuh dari rutinitas yang membosankan. 

Saat ini, angkringan jambu kristal menjadi destinasi wisata yang hits bagi semua kalangan. Selain bisa memetik jambu dari pohonnya secara langsung, juga diijiinkan makan sepuasnya. 

Kebun jambu yang dikelola oleh Kusnadi (42) ini, memiliki luas empat hektare. Pengelola yang tak lain kelompok petani setempat juga menyiapkan spot selfie untuk menikmati senja. Sekaligus fasilitas edukasi bagi pengunjung yang berminat untuk menanam jambu.

"Masuknya sangat ekonomis, cukup dengan membayar tiket Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak bisa memetik jambu sepuasnya," ujar Kusnadi, Sabtu (5/3/2022). 

Selain menawarkan petik jambu, Kusnadi juga memanjakan pengunjung yang hobi tanam-menanam disediakan aneka bibit tanaman. Seperti bibit kurma, durian, anggur, kelengkeng, jambu air, jambu biji dengan harga kisasaran Rp25.000 hingga Rp1 jutaan untuk bibit tanaman yang sudah berbuah.

Beberapa pengunjung yang rutin datang saat liburan rata-rata dari Kabupaten Pati, Rembang Jawa Tengah. Sedangkan yang dari Jawa Timur, dari Tuban, Lamongan maupun Gresik.

“Pengunjung bisa petik sepuasnya dan bila ingin membawa pulang ditimbang dulu dengan harga Rp20.000/Kilogramnya,” imbuhnya. 

Sebelum pandemi dan kebijakan PPKM, lebih dari 500 pengunjung datang saat liburan akhir pekan. Saat PPKM kebun di tutup sementara, dan mulai buka kembali pada tanggal 1 September 2021 setelah Kabupaten Tuban zona kuning dan level 2.

“Setelah dibuka ada 200 pengunjung yang datang sehari. Selama PPKM kami hanya menjual buahnya saja, tapi kebunnya kami tutup,” terangnya.

Sementara itu, saat liburan Isra Mikraj 2022 kebun jambu kristal dikunjungi kurang lebih 200 orang, dan liburan Nyepi kurang lebih 100 orang singgah memetik jambu. 

Salah satu pengunjung yang datang dari Tuban, adalah Maulan. Ia mengajak keluarga dan tetangganya untuk santai dan refreshing saat liburan. Sensasi yang dirasakan saat di dalam kebun, yaitu bisa memetik jambu sepuasnya. 

"Stok jambu yang bisa dipetik banyak, tapi kali ini harus pandai memilah karena ada yang sudah dimakan ulat," jelasnya. 

Kunjungannya kali ini, lanjut ia dan rombongannya hanya ingin memetik buah. Kondisi hujan memaksanya untuk segera pulang, dan buah hatinya sangat menikmati liburan petik jambu kristal tersebut. [Ali]