Begini Kelebihan dan Kekurangan Dalam Menanam Hidoponik, Cocok Untuk Pemula

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Hidroponik sering disebut sebagai sistem bercocok tanam revolusioner atau memiliki pengaruh besar kepada masyarakat. Maka tidak heran jika saat ini, tanaman hidroponik sudah semakin banyak peminatnya. 

Ada banyak tanaman yang bisa ditanam menggunakan sistem hidroponik, seperti selada, sawi, bayam, pakcoy, tomat, terong , cabai, dan masih banyak lagi. 

Meskipun saat ini hidroponik memiliki banyak peminat namun ada baiknya jika  sebelum memulai untuk menanam tanaman hidroponik, terlebih dahulu memperhatikan atau mengetahui kelebihan atau keuntungan dalam menggunakan sistem hidroponik. 

Bagus Aditya, penghobi tanaman hidroponik mengatakan jika ada banyak kelebihan atau keuntungan yang didapatakan pada saat melakukan penanaman hidroponik seperti tidak memerlukan lahan yang luas seperti halnya tanaman yang menggunakan media tanah pada umumnya. 

“Kalau hidroponik itu nggak perlu tanah yang luas sampai hektar an, di halaman rumah saja sudah cukup,” ucapnya kepada blokTuban.com.

Selain itu, Adi sapaan akrabnya melanjutkan jika hidroponik tidak membutuhkan terlalu banyak tenaga. Sebab, tidak memerlukan penyiraman setiap wakty seperti tanaman pada umumnya, biasanya tanaman hidroponik cukup daliri air dengan larutan nutrisi saja.

Lebih lanjut, keunggulan lain dari tanaman hidroponik yaitu di lahan yang sempit petani bisa menanam berbagai macam tanaman sekaligus dalam satu waktu, sehigga saat musim panen tiba petani bisa memanem berbagai macam tanaman yang sudah ditanam sebalumnya. 

“Panennya bisa bermacam-macam, jadi enak. Biasanya saya tanamnya sawi sama selada saja saya tanamnya juga lahannya apa adanya, cuma ya Alhamdulillah,” ujarnya. 

Selain kelebihan, menaman tanaman hidroponik juga memiliki berbagai macam kekurangan dilansir dari laman m.medcom kekurangannya ialah membutuhkan banyak peralatan, keahlian serta pengetahuan untuk membuat tanaman hidroponik. 

Kekurangan selanjutnya yaitu bergantunga pada listrik dan juga air sehingga saat listrik padam dalam kurun waktu yang lama, maka kemnungkinan besar tanaman tidak bisa bertahan. Selain itu tanaman hidroponik juga membutuhkan perhatian serta perawatan yang konstan. [sav/ono]