Begini Tips Agar Bisnis Tetap Eksis dan Tahan Lama

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Menjalani sebuah usaha memang mendatangkan keuntungan yang cukup menggiurkan bagi para pelakunya.  Akan tetapi, dalam melakoni suatu usaha juga tidak semulus yang dibayangkan.  

Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku usaha, terlebih dimasa pandemi saat ini. Salah satu hal yang menjadi tantangannya ialah mempertahankan produknya agar tetap eksis dan diminati oleh banyak orang di pasaran, Sabtu (12/2/2022)

Istiqomah, salah satu pelaku usaha yang sudah terjun sejak tahun 2019 lalu mengatakan jika agar produk tetap bisa eksis di pasaran, maka pelaku usaha harus terus membranding produknya tersebut. Biasanya, ia melakukannya dengan cara membuka reseller ataupun dropshipper. 

“Pokoknya juga harus terus produksi walaupun sepi orderan, apalagi sekarang banyak yang kemasannya sama tetapi harganya lebih murah. Aku nggak terpengaruh karena mereka punya cara branding sendiri,” terangnya kepada blokTuban.com. 

Selain itu, perempuan asal Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding itu melanjutkan jika untuk bersaing atau menarik pembeli maka ia mempercantik sticker dan juga kemasan dari produknya tersebut. Pasalnya, kebanyakan masyarakat melirik produk bemula dari kemasan yang unik dan menarik. 

Tidak hanya itu saja, untuk mempertahankan suatu produk pelaku usaha harus membangun relasi dengan banyak orang. Sebab, dengan begitu akan banyak pengetahuan atau ilmu yang didapatkan, serta semakin banyak pula orang yang mengetahui produk yang kita pasarkan. 

“Biasanya saya itu sering ikut seperti pelatihan atau acara-acara seperti itu. Dari situ, kita bisa nambah relasi dan nggak hanya itu saja dari situ juga semakin banyak pula orang yang tahu jualan saya,” ucapnya.  

Dengan banyaknya orang yang mengetahui produk kita, maka semakin besar pula peluang untuk membuat mereka penasaran dan akhirnya mencoba. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan terus melakukan inovasi-inovasi baru, seperti menambah varian dari produk ataupun memperbaharui packaging dengan lebih baik lagi. 

Hal tersebut bertujuan, agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan atau rasa dari produk yang ditawarkan untuknya. 

“Besok ini insyaallah saya akan ganti kemasan yang lebih baik, ganti seperti alumunium. Tapi sepertinya di Tuban belum ada yang jualan,” tambahnya [Sav/Ali]