Kampus UT Pokjar Tuban Ditutup, Dialihkan ke UT Surabaya dan Pusat

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kampus Universitas Terbuka (UT) Kelompok Belajar (Pokjar) Tuban di Jalan Manunggal No.4 A, Wire, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban ditutup pada Rabu (9/2/2022). Pantauan di lapangan, gedung yang selama ini dipergunakan kampus UT Tuban nampak sepi dengan gerbang ditutup rapat. Terpasang pula dua kertas berisi informasi penutupan kampus. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, untuk pelayanan administrasi seluruh mahasiwa UT wilayah Tuban dialihkan UPBJJ UT Surabaya dan UT Pusat. Penutupan kampus tersebut, diduga telah menjalankan aturan yang tidak sesuai dengan pusat. 

Perwakilan mahasiswa UT Tuban, Junaedi menjelakan, diantara alasan penutupan kampus UT yaitu mengadakan kuliah tatap muka, padahal seharusnya dari kementrian masih melarang. Selain itu, menggunakan dosen yang tidak sesuai dengan kriteria. 

Diduga pula telah adanya penyalahgunaan anggaran di UT Pokjar Tuban yang bedanya jauh dari Pusat. Sekaligus program beasiswa yang diberikan oleh mahasiwa tidak sesuai dengan aturan dari kementrian.

Sebab lainnya, melaksanakan wisuda di Tuban yang seharusnya wisuda tersebut hanya dilakukan Oleh Surabaya. Perlu diketahui, bahwa Pokjar UT Tuban termasuk mitra, dan resminya ada di UT Surabaya.

"Selama ini di Tuban diduga mnggunakan Kop Kementrian, yang seharusnya itu tidak diperbolehkan selama kurang lebih tujuh tahun Pokjar UT Tuban berdiri, menggunakan aturan yang tidak sesuai," kata aktifis PMII UT Pokjar Tuban kepada reporter blokTuban.com. 

Sementara itu, mahasiswa lain Ana berharap, semua hak mahasiswa UT dapat terpenuhi dan Pokjar di UT Tuban tetap ada. Sebab, di Tuban termasuk jumlah mahasiswa paling banyak nomer 2 se-Jawa Timur kurang lebih 2.000 an orang.

"Kami juga ingin UT Tuban tidak di pegang orang yang lama lagi, dan diganti dengan orang orang baru supaya kejadian ini tidak terulang kembali," harapnya.

Saat ini, reporter blokTuban.com belum bisa mendapatkan informasi resmi dari UT. Pesan konfirmasi yg dikirim ke UT Surabaya belum mendapatkan respon. [Ali]

Simak Video Selengkapnya: