Antisipasi Lonjakan Covid-19, Ini Skenario Dinkes Tuban

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Lonjakan kenaikan angka kasus covid-19 varian Omicron sudah diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret.

Pemerintah tentunya sudah memberikan upaya-upaya antisipasi untuk dapat mengatasi lonjakan kenaikan kasus tersebut, sama halnya dengan di Kabupaten Tuban.

Laporan situasi kasus Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban per 7 Februari 2022, nihil kasus konfirmasi baru, nihil kasus meninggal akibat covid-19, dan tujuh orang pasien terkonfirmasi sembuh.

Sementara itu, rincian total kumulatif kasus covid-19 sampai tanggal (7/2/2022) sebagai berikut, total konfirmasi pasien positif sebanyak 7.610 orang, konfirmasi pasien sembuh sebanyak 6.670 orang, konfirmasi pasien meninggal sebanyak 930 orang, dan konfirmasi masih dalam pantuan dan perawatan sebanyak 10 orang.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo mengungkapkan empat pasien masih menjalani perawatan di RSUD dr. R. Koesma dan enam orang menjalani isolasi terpadu. 

“Sampai saat ini kasus Omicron di Tuban nihil,” ujarnya saat dihubungi reporter blokTuban pada Selasa (8/2/2022).

Mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo itu, mengungkapkan untuk mengantisipasi lonjakan angka kasus Covid-19 yang diperkirakan meningkat mulai pertengahan Februari hingga awal Maret sudah dipersiapkan tenaga kesehatan, sarana ruang isolasi, APD, dan lain sebagainya. Selain itu, percepatan vaksinasi juga terus dilakukan, termasuk vaksinasi booster.

“Semuanya sudah kami siapkan, semoga Tuban tetap aman dan tidak ada kenaikan kasus yang signifikan,” tutupnya. [Din/Ali]