Hama Sundep Sering Menyerang Padi di Musim Hujan, Begini Cara Mengatasinya

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com – Saat musim penghujan datang, berbagai hama kerap kali menyerang tanaman padi. Salah satu hama yang menjadi musuh utama bagi para petani saat musim hujan ialah Sundep atau penggerek batang, Rabu (2/2/2022).

Sundep ketika sudah menyerang padi, maka akan sulit dikendalikan dan menyebabkan kematian pada tanaman. Biasanya, padi yang terserang hama sundep akan berwarna kekuningan dan juga kering. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hama sundep ini. Salah satunya dengan melakukan penanaman padi secara serempak dengan menggunakan sistem kalender pertanian. Hal ini bertujuan agar padi bisa berada pada fase pertumbuhan yang sama, sehingga bisa menekan keberadaan dari sundep atau penggerek batang tersebut. 

“Biasanya diobati, tapi kalau sudah masuk ke dalam batang dan menjadi sundep itu yang sulit. Makanya kita pakai sistem kalender pertanian,” ungkap Ketua kelompok tani Bandungrejo, Ali Maskuri kepada reporter blokTuban.com.

Selain melakukan penanaman secara serentak, dilansir dari laman ilmubudidaya.com, bahwa ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pengendalian secara fisik.  Biasanya para petani menggunakan sebuah perangkap atau jebakan untuk menangkap beberapa kelompok telur yang akan menjadi sundep. 

Cara manual tersebut dilakukan agar pertumbuhan dari hama sundep tidak berkembang secara cepat. Tidak hanya itu saja, hama sundep juga bisa diatasi menggunakan pengendalian biologi, yaitu dengan menyimpan predator disekitaran sawah seperti laba-laba ataupun kelelawar.

Dengan demikian, sundep akan menghilang karena dimakan oleh hewan tersebut. Cara ini dinilai cukup efektif untuk menghilangkan hama sundep pada tanaman padi. 

Lebih lanjut, sundep juga bisa dikendalikan dengan bahan kimiawi yaitu pestisida. Cara tersebut biasanya baru dilakukan para petani, apabila semua cara yang telah diupayakan gagal. Pestisida ini digunakan dengan cara menabur, menyemprot atau menyebarkannya diseluruh area persawahan. 

Meskipun penyemprotan pestisida memiliki efek atau dampak yang sangat cepat terhadap berbagai tanaman, akan tetapi sifatnya hanya sementara. [Sav/Ali]