4 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Mudah, Bisa Dilakukan di Rumah

Reporter: -

blokTuban.com - Tenggorokan gatal adalah suatu kondisi yang dapat membuat Anda sulit untuk berbicara atau menelan karena iritasi fisik. Ada banyak penyebab tenggorokan gatal, yang paling umum adalah infeksi dan alergi. Lantas, bagaimana cara mengatasi tenggorokan gatal?

Diketahui, selain karena alergi dan infeksi, tenggorokan gatal juga bisa disebabkan karena menghabiskan waktu di sekitar asap, setelah berbicara lama, atau hanya mengalami dehidrasi.

Semua potensi penyebab iritasi menghasilkan hal yang sama: tenggorokan yang terasa gatal, kering, dan sakit. Banyak penyebab gatal atau sakit tenggorokan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar satu minggu, jadi mengobati sakit tenggorokan Anda adalah masalah mengurangi gejala Anda.

Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini cara mengatasi tenggorokan gatal yang dilansir dari situs WebMD, Minggu (30/1/2022).

1. Obat Batuk dan dan Permen Pelega Tenggorokan

Banyak orang minum obat batuk untuk mengatasi tenggorokan yang gatal atau nyeri. Akan tetapi, obat batuk yang ada kandungan mentolnya justru bisa membuat tenggorokan jadi gatal dalam waktu lama.

Permen pelega tenggorokan juga dapat membantu meredakan tenggorokan gatal karena meningkatkan produksi air liur, yang menghidrasi daerah yang terkena. Terdapat penelitian yang menyatakan, rasa manis pada permen tersebut berguna untuk menekan batuk.

2. Teh atau Sup Panas

Tetap terhidrasi penting untuk membantu tubuh Anda sembuh. Mendapatkan cukup cairan dapat membantu menjaga selaput lendir Anda tetap bersih, mencegah penumpukan yang tidak nyaman di tenggorokan. Suhu yang hangat berguna juga untuk menenangkan pada bagian belakang tenggorokan.

Menyeruput minuman atau makanan hangat seperti teh dan sop adalah cara mudah untuk tetap terhidrasi dan berpotensi mengurangi iritasi di tenggorokan pada saat yang bersamaan.

3. Madu

Madu juga berguna untuk mengatasi tenggorokan gatal. Madu (2 sdt) mungkin sama khasiatnya dengan obat batuk tertentu dalam mengatasi batuk atau iritasi tenggorokan.

Akan tetapi, terkadang madu menyebabkan botulisme, yakni semacam penyakit yang disebabkan keracunan makanan. Oleh karena itu, pada anak-anak usia di bawah satu tahun, sebaiknya hindari mengonsumsi madu.

4. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur menggunakan air garam dipercaya paling efektif untuk mengatasi tenggorokan gatal atau sakit yang disebabkan virus atau bakteri. Caranya, tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam 240 mililiter atau 1 cangkir air hangat dan kumur menggunakan campuran air garam beberapa kali sehari.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi tenggorokan gatal yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Jika masih belum sembuh, sebaiknya konsultasikan langsung dengan dokter.

*Sumber: suara.com