Ramalan Cuaca BMKG: Hujan dan Petir Warnai Perayaan Imlek di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tuban menghimbau warga di Kabupaten Tuban untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir pada perayaan Imlek yang jatuh pada Selasa (1/2/2022). 

Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama mengatakan, berdasarkan informasi dari BMKG Juanda diprediksi hujan yang mengguyur hampir seluruh wilayah Jatim hari ini berpotensi banjir level waspada. Daerah yang masuk di dalamnya, mulai Surabaya, Sidoarjo, Kota dan Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kota dan Kabupaten Madiun.

Wilayah lain yaitu, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Bllitar, Kediri, Kabupaten dan Kota Malang, Batu, Pasuruan, Kabupaten dan Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Pamekasan, dan Sumenep. 

"Hujan hari ini diprediksi siang sampai sore hari dan level banjir status waspada," ujar Zem kepada reporter blokTuban.com. 

Zem merinci secara spesifik cuaca di 20 kecamatan. Seluruh kecamatan di Tuban sebagaimana ramalan BMKG akan diguyur hujan mulai pukul 13.00 Wib, dan beberapa diantaranya hujan disertai petir. Seperti Kecamatan Grabagan, Jenu, Merakurak, Montong, Palang, Plumpang, Semanding, Tuban, dan Widang. 

Hujan petir diprediksi masih berlangsung sore hari pukul 16.00 Wib untuk wilayah Kecamatan Parengan, Rengel, dan Soko. Hujan ringan sampai sedang akan mengguyur Kecamatan Jenu, Merakurak, Montong, Palang, Plumpang, Semanding, Senori, Tuban, dan Widang. 

"Mulai malam hari pukul 19.00  sampai dini hari pukul 01.00 Wib pada 2 Februari 2022 ramalan cuacanya berawan. Hujan akan berlanjut lagi pukul 07.00 Wib di beberapa kecamatan," imbuhnya. 

Adapun rata-rata suhu udara di Tuban, minimum 23 derajat celcius dan untuk suhu maksimumnya tercatat 31 derajat celcius. Untuk kelembapan udara batas minimum 65 persen dan maksimumnya tercatat 100 persen. [Ali]