7 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan, Mulai dari Mencegah Dehidrasi hingga Menurunkan Tekanan Darah

Reporter: -

blokTuban.com - Air kelapa adalah minuman yang seimbang secara alami dan tinggi elektrolit (seperti magnesium, kalsium dan kalium). Ada banyak manfaat air kelapa bagi kesehatan.

Diketahui, sebagian besar peneliti percaya air kelapa memiliki sifat menghidrasi meskipun tidak memiliki nilai gizi berlebih. Manfaat air kelapa tersebut dapat membantu Anda tetap terhidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Untuk lebih jelasnya, simak manfaat dari air kelapa yang menarik untuk diketahui seperti berikut ini.

Berikut Manfaat Air Kelapa

Melansir dari situs Medicinenet, Minggu (30/1/2022), penelitian terbatas telah mengungkapkan beberapa manfaat air kelapa yang diverifikasi secara ilmiah. Adapun manfaatnya yakni sebagai berikut.

1. Mencegah Dehidrasi

Menurut para ahli, elektrolit dalam air kelapa dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi, terutama saat muntah dan diare.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan potasium dalam satu cangkir air kelapa lebih tinggi dari pada buah pisang. Menurut para ahli, diet kaya kalium meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan melindungi terhadap stroke.

3. Membantu Mengurangi Sembelit

Air kelapa bermanfaat untuk hati, menurut penelitian. Ini mengandung magnesium, mineral yang membantu pencernaan dan membantu mengurangi sembelit .

4. Meningkatkan Metabolisme

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air kelapa memiliki kandungan karbohidrat, kalori dan gula yang rendah. Anda akan dapat menjaga suhu tubuh yang sehat dengan meminumnya. Selain itu, meningkatkan metabolisme Anda, yang membantu dalam penurunan berat badan.

5. Mengatasi Stres

Air kelapa memiliki kadar asam amino yang lebih tinggi: alanin, arginin, dan sistein. Selain membantu tubuh mengatasi stres, arginin membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air kelapa mengandung asam laurat dan vitamin C yang bersifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. Ini membantu sistem kekebalan melawan infeksi dan membasmi cacing usus dan candida.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Karena konsentrasi potasiumnya, air kelapa telah ditunjukkan dalam penelitian untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Demikian informasi mengenai manfaat air kelapa. Air kelapa memang salah satu minuman alami yang paling sehat jika dibandingkan dengan banyak minuman lainnya. Namun, ingatlah untuk menghindari mengonsumsinya secara berlebihan.

*Sumber: suara.com