Truk Ekspedisi Tujuan Surabaya Bali Terguling di Tuban, Pengemudi Kabur

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kecelakaan Lalulintas (Lakalantas) tunggal terjadi di pertigaan Manunggal Utara, Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban sekitar pukul 05.00 Wib, Senin (31/1/2022). Kecelakaan tersebut menimpa sebuah kendaraan truk box tronton ekspedisi kondisinya terguling, dan muatanya berupa barang-barang paketan tumpah di badan jalan.

Beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Pengemudi truk tronton bernama Urip (70) berhasil menyelamatkan diri dan meninggalkan kendaraanya dalam kondisi terguling. Informasi yang dihimpun di lokasi, kendaraan truk tronton berNopol L-9296-UN itu berjalan dari arah barat atau dari arah Jakarta menuju Surabaya. 

Truk tersebut berangkat hampir bersamaan dengan dua kendaraan lainnya yang dijawalkan mengirim barang ke Surabaya dan Bali. 

"Kita berangkat itu dari kantor Ancol, Jakarta hampir bersamaan. Ini tahunya sudah terguling seperti ini," terang pengemudi truk box ekspedisi yang lain, Hari kepada reporter blokTuban.com. 

Sementara itu, Kanit Laka Sat Lantas Polres Tuban, IPDA Eko Sulistyono menjelaskan, kejadian kecelakaan tunggal itu diduga lantaran pengemudi truk yang tidak konsentrasi saat jalan menikung. Pengamatan di lokasi, diduga truk berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi ketika sampai di pertigaan tersebut. 

"Diduga pengemudi berjalan dengan kecepatan tinggi di jalan menikung ini. Terus terguling ke kiri dan ban bekalang juga mengalami pecah," terang Kanit Laka Sat Lantas Polres Tuban. 

Setelah terguling, badan truk kemudian menimpa taman yang ada di bundaran petigaan Manunggal Utara Tuban. Selain itu, solar dari kendaraan tersebut juga tumpah di jalan raya hingga mengakibatkan kondisi jalan licin. 

"Tidak ada korban dalam kejadian ini, hanya kerugian material saja. Untuk pengemudi diduga kabur setelah kejadian ini, karena sudah meninggalkan kendaraan dan barang-barangnya begitu saja," imbuh Kanit. 

Sementara itu, untuk menghindari terjadinya kemacetan kendaraan truk box ekspedisi tersebut langsung dilakukan evakuasi dari TKP. Proses evakuasi berlangsung cukup lama lantaran kondisi truk yang terguling tersebut berisikan muatan sekitar lima ton. [hud/Ali]