Politisi PAN Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Tumbuhkan Semangat Persatuan

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Anggota DPRD Provinsi Jatim dari Fraksi PAN, Agung Supriyanto menggelar "Ngopi Bersama dan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan" di Hotel Green Garden Kabupaten Tuban, Minggu (30/1/2022)

Kegiatan itu diikuti oleh 100 peserta dari unsur Jurnalis, Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), IKAPMII, Alumni GMNI, GP Ansor, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Pemuda Muhammadiyah Tuban.

Kemudian turut hadir pula dalam kegiatan positif tersebut perwakilan aktivis mahasiswa yakni unsur HMI, GMNI, IMM, dan PMII Tuban.

Pada kegiatan itu, Agung Supriyanto menyampaikan, kegiatan ini digelar dalam rangka menumbuhkan semangat persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan Bangsa dan Negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

"Kita diamanahkan oleh pemerintah daerah agar melalukan sosialisasi wawasan kebangsaan. Karena ini sangat perlu untuk hadir ditengah-tengah masyarakat agar visi-misi bangsa ini berjalan sesuai amanah konstitusi,” terang pria yang akrab disapa Agung tersebut.

Politisi asal Kecamatan Semanding itu menjelaskan, sosialisasi wawasan kebangsaan sangat penting karena nilai-nilai kondisi kebangsaan saat ini mulai berkurang. Salah satu contohnya tradisi gotong-royong semakin lama semakin surut dan individualisme semakin kuat.

Termasuk tingkat toleransi antar kelompok satu dengan yang lain juga semakin lama semakin kurang. Kondisi itu bisa ditangkap di rumah lingkup ini serta media sosial.

“Tentu kondisi itu menjadi keresahan bagi kita semua, termasuk DPRD Jawa Timur. Sehingga apabila kondisi saat ini tak di minimalisir maka memungkinkan muncul sebuah ancaman di negara ini,” ungkap anggota DPRD dari Dapil Kabupaten Tuban dan Bojonegoro itu. 

Atas dasar itulah, Agung yang juga mantan Ketua DPD PAN Tuban itu menerangkan semua teman-teman dewan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menyapa dan menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan. 

Salah satu tujuannya, agar generasi muda atau masyarakat memiliki rasa cinta tanah air mengingat perkembangan zaman semakin modern dan tantangan kian kompleks.

“Penekanannya adalah nilai-nilai wawasan kebangsaan semakin di tampakkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama nilai-nilai dalam UUD 45 maupun Pancasila,” tegas Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jatim tersebut.

Kegiatan tersebut disambut antusias para peserta hingga acara sampai selesai. Hal tersebut disampaikan Ketua KNPI Tuban, Sutrisno. 

“Kegiatan wawasan kebangsaan sangatlah penting bagi para pemuda, karena dengan kegiatan tersebut bisa meningkatkan kecintaan para pemuda terhadap bangsa ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, melalui sosialisasi ini mampu menangkal paham yang bertentangan dengan UUD 45 dan Pancasilais. Sehingga, sejak dini generasi muda wajib untuk ditanamkan nilai wawasan kebangsaan.

“Terpenting akan bisa menangkal paham radikal yang masuk kepada para pemuda. Pemuda harus di bentengi dengan wawasan kebangsaan,” pungkas Sutrisno.[hud/col]