Hati-hati, Ini 4 Masalah yang Terjadi Kalau Jarang Menyikat Gigi

Reporter: -

blokTuban.com - Menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Menjaga kesehatan mulut dan gigi dapat memberikan rasa nyaman dan terhindar dari masalah kesehatan gigi.

Akan ada risiko kesehatan yang mengintai jika jarang sikat gigi. Dikutip dari Ponderosa Dental Center, setidaknya ada empat risiko kesehatan yang mengintai orang yang jarang sikat gigi. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Menyebabkan Gigi Berlubang

Masalah kesehatan mulut yang paling umum terjadi adalah gigi berlubang. Hal ini terjadi ketika bakteri di mulut memakan sisa-sisa makanan, serta melepaskan asam yang mengikis email gigi. Hasilnya? Jika tidak dirawat dengan benar, maka gigi bisa berlubang.

2. Menyebabkan Bau Mulut

Jika Anda jarang sikat gigi, kemungkinan besar Anda akan mengalami yang namanya bau mulut. Sebab, bakteri yang mengumpul tak hanya menyebabkan gigi berlubang, tapi juga memperburuk kesehatan rongga mulut. Karena itu, salah satu cara terbaik untuk menghindari bau mulut adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari.

3. Bisa Sebabkan Penyakit Gusi

Penyakit gusi yang disebut periodontal, adalah infeksi pada jaringan gusi. Ini disebabkan karena kebiasaan buruk yaitu jarang sikat gigi. Sehingga gigi akan mengumpulkan plak hingga mengeras. Tak hanya itu, bakteri yang masuk ke gusi juga bisa menyebabkan risiko penyakit gusi.

4. Dapat Kehilangan Gigi

Selain penyakit gusi dan bau mulut, ternyata jarang sikat gigi juga bisa menyebabkan masalah lain. Salah satunya kehilangan gigi hingga ompong. Kehilangan gigi ini terjadi ketika tulang rahang melemah, sehingga daya kunyah menjadi terbatas.

Oleh karena itu, segera sikat gigi Anda minimal dua kali dalam sehari. Jangan sampai Anda abaikan, jika tidak ingin mengalami masalah gigi ya!

*Sumber: suara.com