Sambut Imlek 2022, Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Bersolek

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Perayaan tahun baru Imlek 2573/2022 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh warga Tionghoa yang berada di Kabupaten Tuban.

Persiapan menyambut tahun baru Imlek itu dilakukan oleh warga Tionghoa dengan bersih-bersih tempat ibadah, memasang ratusan lampion serta pernak-pernik Imlek lainya di tempat ibadah.

Seperti yang nampak di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) klenteng Kwan Sing Bio (KSB) Kabupaten Tuban, warga Tiong Hoa bersama-sama untuk mempercantik klenteng terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Ketua Penilik demisioner klenteng KSB Tuban, Alim Sugiantoro mengatakan, masa pandemi Covid-19 ini klenteng KSB Tuban melakukan persiapan perayaan Tahun Baru Imlek dengan sederhana.

"Persiapan kita lakukan dengan sederhana, kita buat patung macan air karena shio tahun ini adalah Shio Macan Air kemudian kita bersih-bersih tempat sembahyang dan memasang 209 lampion," terang Alim, Jumat (28/1/2022).

Lebih lanjut Alim menerangkan, untuk shio tahun baru ini merupakan shio macan air sebagaimana filosofi macan sangat tangguh dan perkasa.

Sedangkan air adalah kebutuhan hidup manusia, jadi semua rezeki bisa nambah, kesehatan juga bagus, minimal bisa menangkal covid-19.

"Secara umum bagus untuk shio macan air pada imlek tahun ini," jelas Alim.

Sebatas diketahui, selain bersih-bersih tempat sembahyang, persiapan menyambut Imlek klenteng KSB Tuban juga membuat patung macan air emas yang ditempatkan di pintu masuk klenteng menghadap ke arah laut.[hud/ono]