Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen

 

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban membuka kegiatan Rapat Kerja Sinergitas Program Kerja Tahun 2022 di Seafood Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kabupaten Tuban, Senin (24/01/2022). 

Dalam pembukaannya itu, Sahid menyampaikan pesan kepada seluruh Kasubag, Kasi, Kepala KUA, Pranata Humas, Koordinator dan Operator Kantor Kemenag agar jangan melaksanakan kegiatan di akhir tahun atau November Sindrome.

"Saya berpesan jangan ada November sindrom, artinya jangan melaksanakan kegiatan di akhir tahun, Dipa segera dicermati, dikaji, ditelaah dan dilaksanakan," terang Sahid dalam sambutanya.

Lebih lanjut, Sahid menegaskan supaya anggaran tahun 2022 ini sudah terealisasi 75 persen pada saat bulan Juli 2022. "Rencanakan kegiatan dengan baik, tidak hanya mengenai angkanya tapi juga waktunya," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Sahid juga menyampaikan pesan Presiden pada saat penyerahan Dipa tahun 2022 bahwa Anggaran Belanja Pendapatan Negara 2022 difokuskan pada kebijakan utama, yaitu melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan memprioritaskan sektor kesehatan.

Serta menjaga keberlanjutan program perlindungan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Kemudian melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan adaptasi teknologi, penguatan desentralisasi fiskal untuk peningkatan dan pemerataan kesejahteraan antar daerah, melanjutkan reformasi penganggaran dengan menerapkan zero based budgeting agar belanja lebih.

Adapun pada kesempatan itu, Sahid juga memaparkan secara singkat beberapa pekerjaan di masing-masing seksi:

- Seksi Bimas Islam yakni, uji kompetensi calon penghulu dan calon kepala KUA, revitalisasi KUA (setiap KUA idealnya harus ada PTSP, balai nikah dan ruang konsultasi), ada binwin mandiri, akan mengadakan mou dengan Dinkes, pembinaan bergiliran serta penerbitan jadwal sholat dan imsakiyah.

- Seksi Pendidikan Madrasah yakni mengadakan sosialisasi SE perdirjen Pendis 6065 tahun 2021, sosialisasi juknis BOP RA dan bos, sosialisasi hak cipta, mengadakan Porseni, PPDB dan SBSN. Untuk Pontren penerbitan ijin operasional ponpes, TPQ dan Madin, Monev pendirian, ujian dan perekrutan TNI bagi santri yang hafal Al-Quran.

- Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, mengenai pelaksanaan haji dan umrah, pelimpahan porsi dan paspor expired. Untuk seksi PAIS sudah melaksanakan zoom dengan Kabid, MOU dengan Dinas Pendidikan serta penguatan kepada pengawas PAIS.

- Kasi Penyelenggara Zakat Wakaf

telah membuat aplikasi Simakaf, pembukaan rekening untuk penampungan bantuan dan segera mengadakan penyegaran kepengurusan Badan Waqaf Indonesia.

- Kesekretariatan ada SKP, kenaikan pangkat, pengesahan ijazah, tanda kehormatan, penyelesaian BMN, untuk

kehumasan berita selalu update, dan ini diakui oleh semua orang termasuk kanwil, termasuk pengelolaan medsos Kemenag Tuban kemudian satu-satunya kontributor di Jawa Timur untuk website Dirjen Pendis.

Di akhir sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Tuban mengingatkan kepada semuanya untuk tetap mengikuti acara dengan prokes dan tetap hati-hati dengan Varian Omicron.

Sementara itu, Perencana Kemenag Tuban Arifin memaparkan program secara umum tentang penyelesaian pagu minus dan seringnya revisi kegiatan dilaksanakan pada saat akan melaksanakan kegiatan. Sedang revisi relokasi anggaran diberikan pada akhir tahun anggaran.[hud/col]