Ini Manfaat Mulsa Plastik Bagi Tanaman Hortikultura

 

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Mulsa merupakan bahan yang digunakan untuk menutup tanaman budidaya, untuk melindungi permukaan tanah. Biasanya, mulsa digunakan sebelum tanaman mulai ditanam maupun setelah tanaman mulai muncul. 

Selain plastik, Mulsa biasanya terbuat dari berbagai bahan lainnya mulai dari kayu, serpihan batu, dan lain sebagainya. Kebanyakan pemasangan Mulsa dilakukan pada saat menanam tanaman hortikultura, seperti cabai, melon, sawi, tomat dan berbagai sayuran lainnya.

Meskipun sering dijumpai, akan tetapi masyarakat umum jarang mengetahui manfaat dari pemakaian Mulsa untuk tanaman Hortikultura. Menurut Kardi, salah satu petani dari Kabupaten Tuban bahwa dengan menggunakan Mulsa tanaman akan terhindar dari gulma atau tanaman lain yang mengganggu. Sabtu (22/1/2022)

“Kalau dikasih rumput seperti itu tanaman pengganggu nggak bisa tumbuh, rumput itu juga kan menghambat proses pertumbuhan tanaman,” jelasnya kepada blokTuban.com.

 Pria yang kesehariannya di sawah itu melanjutkan selain itu juga Gulma bisa mencegah tanaman terserang hama ataupun penyakit. Sebab, pantulan cahaya dari plastik yang terkena matahari bisa mengusir atau menghilangkan hama yang menyerang. 

“Biasanya kalau seperti ini kena panas jadi nyentrong (memantulkan cahaya), jadi mungkin binatang-binatang yang ada di tanaman terganggu, dan pergi,” katanya

Selanjutnya, dilansir dari kompas.com manfaat lain dari Mulsa Plastik ialah menjaga kelembapan tanah agar tidak kencang dan juga kering terlebih pada saat musim kemarau tiba. Bagi tanaman kelembapan tanah sangatlah penting, sebab tanah lembab bisa menjadi tempat tumbuh yang optimal bagi akar.

Selain itu juga dapat melindungi tanah dari daya akibat datangnya hujan, meningkatkan penyerapan air pada tanah, mengurangi volume dan kecepatan aliran permukaan (mengurangi erosi), serta memelihara kandungan bahan organik tanah.

Dengan menggunakan Mulsa Plastik maka diharapkan hasil panen akan meningkat, serta kualitas yang dihasilkan menjadi lebih bagus dari sebelumnya. [sav/col]