Jurnalis  dan Keluarganya Mendapat Vaksin Booster

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Para jurnalis dan keluarganya di Kabupaten Tuban mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster di Balai Wartawan Jalan Pramuka No. 1, Sabtu (22/1/2022).

Vaksinasi yang dimulai pukul 09.00 Wib itu, merupakan kerjasama Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dan Puskesmas Kecamatan Montong serta didukung PT Semen Indonesia (Persero) (SIG) - Pabrik Tuban.

Jumlah vaksin yang tersedia untuk kalangan jurnalis kurang lebih 80 dosis. Tidak hanya vaksin booster, petugas Puskesmas Montong juga membawa vaksin dosis 1 dan 2 yang akan diberikan bagi yang belum disuntik vaksin.

Anggry Eko Orniawan peserta vaksin Booster di Balai Wartawan mengaku tidak merasakan efek apapun setelah disuntik. Kondisi tubuhnya untuk saat ini sedang prima.

"Sama halnya dengan vaksin dosis satu dan dua, vaksin Booster belum terasa efeknya," ujarnya.

Sedangkan Dr. Bisukma Yudha, Dokter Fungsional Puskesmas Montong, menambahkan vaksin Booster menyasar jurnalis dan keluarganya karena mereka rentan dengan pekerjaan sehari-sehari sebagai pencari berita.

"Setidaknya dengan vaksin ketiga, kalangan jurnalis lebih terlindungi dari varian Covid-19 baru Omicron yang kini menyebar di Indonesia," sambungnya.

Sebelum memvaksin jurnalis, tim kesehatan juga telah berkeliling menyasar warga di tempat keramaian. Seperti di Supermarket Tuban dan tempat umum lainnya.

Selain itu, untuk dapat mengikuti vaksin Booster, peserta wajib mengikuti vaksin pertama dan kedua. Sekaligus jarak vaksin kedua dan ketiga minimal enam bulan.

Vaksinasi penguat bagi pekerja media penting, karena wartawan selalu berinteraksi dengan banyak pihak dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik. 

"Melalui vaksinasi booster ini semoga para wartawan tidak mudah tertular virus corona. Vaksinasi jurnalis ini juga menyongsong peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022," kata Ketua RPS Tuban, Khoirul Huda. 

Sementara, Setiawan Prasetyo, Publick Relation & CSR management Officer Semen Indonesia (SIG) Pabrik Tuban, menyatakan pihaknya berkomitmen mendukung kegiatan vaksin yang merupakan program pemerintah. 

‘’Sebagai perusahaan milik negara, sudah menjadi tugas kami untuk mendukung setiap kebijakan yang sudah di programkan, seperti program vaksin Boster ini,’’ jelasnya.

Awak media, lanjut Setiawan adalah kelompok yang aktif, dan bersinggungan dengan banyak orang dalam proses kerjanya. Mereka juga memiliki resiko cukup tinggi terpapar covid karena harus menghadapi berbagai macam narasumber. 

‘’Harapan kami, awak media sebagai mitra perusahaan tetap sehat, memiliki imun yang kuat untuk menghindari paparan virus covid 19,’’ tandas dia

Sebelumnya, perusahaan juga telah melaksanakan program vaksin Booster bekerjasama dengan instansi kesehatan, pelaksanaan kegiatanya di kantor pusat semen Tuban dengan sasaran seluruh karyawan dan anak usaha yang sudah vaksin ke dua.[ali/ono]