10 Merk Minyak Goreng Harga Rp14.000 per Liter di Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bagi konsumen di Kabupaten Tuban yang masih melakukan panic buying atau membeli minyak goreng berlebih untuk segera berhenti. Perlu diketahui, ada 10 merk minyak goreng yang harganya Rp14.000 per liternya dan ketersediaannya cukup selama enam bulan ke depan.

Informasi dari Dinas Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan Tuban 10 merk minyak goreng tersebut adalah, Bimoli, Filma, Fortune, Tropical, Rpose Brand, Indomart, Sania, Famili, Aroma, dan Fortune Bantal.

Satu harga minyak goreng tersebut telah dipastikan Kepala Dinas UKM dan Perdagangan, Agus Wijaya saat monitoring dan evaluasi di sejumlah tempat. Mulai Samudra Supermarket, Bravo Supermarket, Indomart dan Alfamart Jl. Basuki Rahmat Tuban, Indomart dan Alfamart Jl. Hayam Wuruk Semanding, Indomart Karangagung dan Alfamart Panyuran Palang, Alfamrt Perum Semen Gresik dan Indomart depan RSNU Merakurak.

"Dari 10 merk minyak goreng yang stoknya tipis tinggal sembilan botol adalah Tropical. Untuk yang lainnya masih cukup," ujar Agus Wijaya kepada blokTuban.com usai monev di Supermarket Samudra Jl. Diponegoro, Kamis (20/1/2022).

Hasil monev Agus hari ini, ditemukan bahwa Supermarket Samudra ketahuan belum menerapkan kebijakan satu harga minyak goreng dari Pemerintah Pusat. Rata-rata minyak goreng yang dijual harganya di atas Rp14.000 per lliternya.

Mantan Kabag Humas dan Media Pemkab Tuban itu memberikan toleransi dengan menyesuaikan harga maksimal pukul 12.00 Wib. Apabila belum bisa mengikuti satu harga, maka stok minyak goreng lama disarankan untuk masuk gudang sampai enam bulan ke depan sesuai batas waktu kebijakan Kementrian Perdagangan itu.

Temuan lain juga tercatat di minimarket Jl. RE Martadinata Tuban. Agus Wijaya terkejut karena stok minyak goreng kosong setelah diserbu emak-emak sehari sebelumnya. Pemilik minimarket juga telah diminta untuk segera memenuhi kekosongan barang, supaya konsumen yang datang tidak kecewa.

"Rencananya mau dikirimi dari Gresik kalau lama bisa dari minimarket sekitar yang masih satu jaringan. Dari tiga minimarket yang didatangi baru satu yang stok minyak gorengnya kosong," tutupnya. [ali/sas]