Punya Laba Rp3 Juta per Bulannya, Ini Cara Kerja Koperasi Petani Greenbelt Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sekelompok petani greenbelt di wilayah operasional PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban kini memiliki koperasi yang sudah mampu menghasilkan laba bersih Rp3 juta per bulan. 

Koperasi binaan unit CSR SIG Tuban tersebut dilaunching pada bulan September 2021 itu, memiliki anggota 68 orang dari total 500 petani grennbelt.

Koperasi Greenbelt Semen Indonesia sendiri berlokasi di Jalan Kerek-Merakurak, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Menyediakan berbagai kebutuhan pertanian, dari mulai bibit jagung, padi, pupuk, obat-obatan pertanian, dan yang dapat melayani segala kebutuhan para petani yang berada di wilayah perusahaan.

“Koperasi ini juga menjual bibit pisang Cavendish. Selain itu, juga menerima penjualan hasil pertanian dari para petani,” kata terang PR & CSR Management Officer Semen Indonesia, Setiawan Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/1/2022).

Setiawan berharap ke depan semua petani greenbelt dapat bergabung dengan koperasi tersebut agar berkembang menjadi lebih besar lagi dan semakin dirasakan manfaatnya oleh para anggotanya. Mengingat asas koperasi dari anggota dan untuk anggota, sehingga jika koperasi berjalan dan memiliki profit baik, maka anggota koperasi dapat merasakan manfaatnya.

“Kalau Sisa Hasil Usaha (SHU) banyak, otomatis anggota juga akan turut merasakan itu,” imbuhnya.

Petani greenbelt SIG Pabrik Tuban selain koperasi juga memiliki bidang usaha lainnya, diantaranya perkebunan pisang cavendish, anggur, alpukat, budidaya ikan nila dengan system keramba apung, dan

berbagai bidang usaha lainnya. Beberapa bulan berdiri, koperasi petani tersebut diharapkan terus berkembang dan menyejahterakan petani Tuban. [ali/ono]