BMKG Peringatkan Gelombang Laut di Perairan Tuban-Lamongan Capai 2.5 Meter

 

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Awal tahun 2022, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini kepada masyarakat, nelayan, dan pengguna jasa laut di sekitar perairan Tuban-Lamongan untuk mewaspadai gelombang tinggi. Diprediksi gelombang setinggi 2,5 meter akan terjadi mulai tanggal 3-4 Januari 2022.

Informasi yang dihimpun dari maritimjatim.info menyebutkan, saat ini pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laut - Timur dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Selatan - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan utara Sabang, Perairan Kep. Anambas, Perairan Kepulauan Natuna, Laut Natuna, dan Laut Sulawesi.

"Kondisi tersebut memicu tinggi gelombang 1.25 - 2.5 meter (sedang) yang dapat terjadi di Laut Jawa selatan Bawean, Perairan Tuban-Lamongan, Kepulauan Sapudi, selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim," ujar Prakirawan

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Surabaya, M. Arif Wiyono pada Minggu (2/1/2022). Arif meminta untuk masyarakat yang beraktifitas di laut unuk memperhatikan risiko terhadap keselamatan pelayaran. Bagi perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m). Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m). Kapal Fiber (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.0 m).

Selain itu, keberadaan awan cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin & tinggi gelombang. Ketinggian gelombang juga diperkirakan berdasarkan gelombang signifikan, gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan.

Data di laman cuacatuban.info untuk hari ini, Kabupaten Tuban pukul 00.00 Wib suhunya 25 derajat Celcius cerah berawan, 06.00 Wib hujan sedang 33 derajat celcius, 12.00 Wib 25 derajat celicus hujan ringan, dan jam 18.00 Wib 25 derajat celcius berawan. [ali/col]