Jelang Malam Pergantian Tahun, Permintaan Frozen Food Meningkat

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Sejak pandemi Covid-19 melanda satu tahun silam, perayaan jelang pergantian tahun tidak seramai biasanya. Pedagang pernak-pernik tahun baru seperti terompet ataupun kembang api juga jarang terlihat. 

Pemerintah Kabupaten Tuban telah menghimbau seluruh masyarakat agar merayakan tahun baru di rumah masing-masing untuk menghindari banyaknya kerumunan.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar masyarakat untuk merayakan pergantian tahun baru di rumah adalah bakar-bakar. Seperti sudah tradisi yang selalu ada, perayaan tahun baru memang identik dengan bakar-bakar ikan, jagung, ayam, sosis, ataupun jenis makanan beku lainnya.

Afif, pegawai di salah satu toko distributor makanan beku atau frozen food mengatakan bahwa dalam satu minggu terakhir permintaan frozen food khusus untuk sosis memang mengalami peningkatan. 

“Untuk frozen food buat bakaran memang meningkat, kalau yang jenis lain biasa,” terangnya saat ditemui Reporter blokTuban.com di lokasi Hamzy Frozen Food yang terletak di Jalan Pahlawan pada Sabtu (31/12/2021).

Ia melanjutkan, sebenarnya tidak hanya momen ketika tahun baru saja permintaan frozen food jenis sosis meningkat melainkan saat menjelang hari raya juga demikian. Pegawai distributor frozen di Tuban tersebut mengungkapkan jika sejak PPKM di Tuban selesai penjualan sudah mengalami peningkatan, namun memang dalam satu minggu terakhir menjelang tahun baru terlihat signifikan. 

“Jam segini tadi saya sudah keluarkan satu dus, stok sampai kosong, tinggal beberapa aja,” jelasnya.

Selaku distributor frozen food, Afif juga mengatakan bahwa permintaan dari agen-agen frozen food juga cukup mengalami peningkatan, khusus frozen food yang digunakan untuk bakaran. “Barusan tadi ada konsumen juga tanya mau beli yang buat bakaran,” ujarnya.

Ia melanjutkan bahwa pembeli secara langsung di toko tersebut jarang karena tokonya tidak terlalu terlihat dari jalan raya, selain itu juga karena fokus utamanya mendistribusikan ke agen-agen kecil lainnya baik di Tuban maupun luar Tuban. 

“Pembeli ke sini jarang, mungkin satu dua orang karena harus masuk dulu kan, nggak terlalu kelihatan. Sebagian besar memang kita hanya stock-stock ke agen-agennya, nah kelihatan meningkat juga dari permintaan para agen ini,” terangnya.

Jenis frozen food yang tersedia di toko tersebut bermacam-macam, mulai dari sosis, rolade, nugget, smoked beef, dan masih banyak jenis lainnya. Begitupun untuk harga juga bervariasi tergantung merk dan jenisnya. 

“Kalau yang biasa buat bakaran itu sosis yang ini besar-besar, harganya untuk konsumen Rp 28 ribu,” ujarnya.

Toko distributor frozen food yang berdiri sejak tahun 2017 tersebut sudah mengirimkan stock-stock milikinya ke berbagai wilayah di luar Kecamatan Tuban. 

“Kalau kirim paling jauh sampai Bojonegoro, Lamongan, tapi biasanya dikirim. Kalau saya pribadi paling jauh nganter sampai Kerek,” tutupnya. [din/ono]