23 Proper Emas 2021 untuk Pertamina, Tuban Sumbang 1 Proper

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Tahun 2021, PT Pertamina (Persero) semakin menancapkan namanya sebagai perusahaan yang tangguh dan sangat peduli lingkungan. Di semua lini perusahaan, kepedulian atas lingkungan dari perusahaan di bawah BUMN ini menjadi jawara.

Sebagai bukti, tahun ini Pertamina berhasil meraih 23 penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (Proper) Emas 2021 yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).  Jumlah ini meningkat tajam dibanding tahun 2020 yang hanya 16 Proper Emas.

Proper Emas 2021 di Lingkungan Pertamina Grup diraih oleh semua sektor bisnis mulai hulu (upstream) pengolahan (midstream) dan hilir (downstream). Dan bagi warga masyarakat Kabupaten Tuban, Jawa Timur, juga ikut bangga. Sebab, salah satu Proper Emas itu diraih oleh Fuel Terminal Tuban yang ada di Kecamatan Jenu.

Di sektor hulu, Proper Emas diraih PT Pertamina EP Asset 3 Field Subang, Asset 5 Field Sangasanga, Field 5 Tarakan, JOB Pertamina – Medco E&P Tomori, PT Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang,  PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang,  PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur, PT Pertamina Hulu Mahakam Lapangan BSP dan South Processing Unit. Total ada 9 Proper Emas yang disabet di sektor hulu.

Di sektor pengolahan, Pertamina berhasil menyabet 2 Proper Emas yang diraih  RU II Kilang  Sei Pakning dan RU VII Kilang Kasim Sorong.

Di sektor hilir, Pertamina menyabet penghargaan terbanyak dengan 12 Proper Emas. Ke-12 Proper Emas ini diraih Fuel Terminal Cikampek, Fuel Terminal Bandung Group, Fuel Terminal Boyolali, Fuel Terminal Maros, Fuel Terminal Rewulu, Fuel Terminal Tuban, Integrated Terminal Semarang, Integrated Terminal Semarang  Surabaya, DPPU Ngurah Rai Bali, DPPU Sepinggan Balikpapan dan DPPU Hasanuddin Makassar dan PT Badak LNG.

Penyerahan penghargaan Proper dihadiri dan disaksikan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar.  Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati pada acara Anugerah Lingkungan Proper yang berlangsung di Jakarta pada Senin (27/12) lalu. 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyampaikan selama 24 tahun proper berkembang menjadi platform bagi dunia usaha dalam melakukan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip ekonomi hijau. 

Secara khusus, Wapres menyambut baik kriteria sensitivitas dan daya tanggap terhadap kebencanaan sebagai respons terhadap pandemi Covid 19, sebagai kriteria-kriteria baru di aspek pemberdayaan masyarakat sejak 2020. 

Wapres juga mengharapkan peran aktif kalangan dunia usaha dalam mengatasi perubahan iklim dan pengelolaan lingkungan berkelanjutan salah satunya agar pelaku industri turut berpartisipasi dalam bencana. 

“Target Indonesia 2030 untuk mengurangi dampak buruk perubahan iklim, karena  Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pengurangan emisi gas rumah kaca, serta tetap berkomitmen untuk mendukung target Indonesia mencapai net zero emission tahun 2060,”ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menjelaskan Pertamina menyambut positif kegiatan Proper yang diselenggarakan KLHK. Dengan adanya Proper tersebut, maka penilaian kinerja pengelolaan lingkungan oleh Pertamina lebih terukur, objektif dan dapat dipertanggungjawabkan. 

Menurutnya, proper ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk mengimplementasikan ESG (Environmental, Social & Governance) secara teritegrasi dari hulu ke hilir untuk mendukung bisnis yang berkelanjutan. Peningkatan raihan Proper Emas Pertamina di tahun 2021 menunjukkan kesungguhan Pertamina menerapkan ESG di seluruh lini bisnis. 

Pertamina telah berhasil meningkatkan ESG Risk Rating sebesar 28,1 dan dinilai berada pada risiko medium. Dengan posisi ini, Pertamina menempati posisi 15 dari 252 perusahaan di industri Oil & Gas dan posisi 8 di sub industri integrated Oil & Gas. 

Pertamina berada di cluster yang sama (medium risk) dengan perusahaan global seperti Repsol, ENI, PTT Thailand dan TotalEnergies. Posisi ini pun tercatat lebih baik dari BP, Exxon dan Chevron. 

“Pertamina akan terus konsisten menjalankan aspek ESG ke dalam strategi bisnis perusahaan dengan terus memperhatikan kinerja Proper sesuai dengan aturan yang ditetapkan KLHK,” imbuh Nicke. 

Dalam mengimplementasikan ESG, sambung NIcke, Pertamina telah menetapkan 10 fokus keberlanjutan yang menjadi panduan pelaksanaan ESG ke depan serta membentuk Komite Keberlanjutan untuk memastikan aspek ESG terimplementasi dengan baik. 

Pertamina juga telah meluncurkan kebijakan-kebijakan terkait ESG seperti Sustainability Policy, Human Right Policy, Respective Workplace Policy, dan lain-lain. 

Terkait upaya mengatasi perubahan iklim, Pertamina telah mengurangi emisi karbon sebagai dampak dari produksi dan konsumsi energi, serta melindungi ekosistem dan keanekaragaman hayati di setiap wilayah operasinya. 

Pertamina juga telah berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 27 persen dan akan mengejar target penurunan GRK menjadi 30 persen pada 2030. 

Peningkatan proper emas ini juga menunjukkan komitmen Pertamina Grup untuk tak hanya sekedar patuh, tapi mencapai beyond compliance terhadap regulasi dan aturan hukum yang ditetapkan Pemerintah. 

Dalam 4 tahun terakhir, raihan Proper Pertamina terus meningkat.  Pada tahun 2017, Pertamina meraih 11 dari 19 Proper Emas, tahun 2018, Pertamina memperoleh 14 dari 20 Proper Emas, tahun 2019, memperoleh 13 dari 26 Proper Emas, dan tahun 2020 meraih 16 dari 32 Proper Emas. Kini, tahun 2021, masih di tengah pandemi Covid-19, Pertamina menyabet 23 dari 47 Proper Emas. 

Menurut Nicke peningkatan Proper Emas yang diraih Pertamina menunjukkan keunggulan kinerja Pertamina sebagai perusahaan energi kelas dunia yang senantiasa mengedepankan operasional bisnis yang ramah lingkungan. 

‘’Selamat untuk rekan-rekan dari unit yang menerima penghargaan proper emas, tentu ini menjadi motivasi untuk yang lainnya, dengan program  yang berkelanjutan yang jauh lebih baik dan sejalan dengan komitmen Pertamina di Indonesia. Sekali lagi selamat dan sangat bangga menjadi keluarga besar Pertamina,” tandas Nicke.

Sementara, dari 23 Proper Emas itu, PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyumbang 3 Proper. Ke-3 penerima penghargaan Proper Emas 2021 di lingkungan PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus itu adalah DPPU Ngurah Rai, Fuel Terminal Tuban dan Integrated Terminal Surabaya.

Pencapaian ini kian memperkuat komitmen Pertamina untuk memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Hal ini juga sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs).

Program-program yang sudah berjalan dan berhasil menciptakan kemandirian masyarakat bersama PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus antara lain program kawasan ekonomi masyarakat Bengkala untuk disabilitas di Bali.

Batik Sekartanjung di Kabupaten Tuban dan program gerakan balik kanan (GEBLAK) Jambangan, Surabaya yang berhasil meraih apresiasi pendukung Proklim kategori lestari dan utama atas kontribusinya dalam upaya pengendalian perubahan iklim di wilayah binaan.

“Selain 3 Proper Emas, PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus juga meraih Proper Hijau untuk 6 unit operasi Pertamina,” terang Deny Djukardi, Executive GM Pertamina Regional Jatimbalinus.

Ke- 6 unit itu adalah Integrated Terminal Manggis, Integrated Terminal Tanjung Wangi, DPPU Juanda, Fuel Terminal Madiun, DPPU Bil dan Integrated Terminal Ampenan.

Deny juga menambahkan, pencapaian ini merupakan penghargaan juga bagi masyarakat di area Jatimbalinus.

Bagaimana tidak, program CSR tidak akan mencapai upaya kesejahteraan masyarakat jika tidak adanya sinergi antara perusahaan, pemerintah, masyarakat, media dan lembaga atau instansi pendukung lainnya.

Khusus untuk Fuel Terminal Tuban sendiri, pencapaian tahun ini merupakan hasil kerja keras setelah 7 kali kandidat emas sejak tahun 2015.[ono]