Rumahnya Roboh Diterjang Puting Beliung, Nenek 59 Tahun di Tuban Mengungsi ke Tetangga

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan deras disertai angin kencang puting beliung mengguyur Dusun Gesikan, Desa Gemulung Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban pada Senin pukul 16.30 Wib (21/12/2021), yang mengakibatkan puluhan rumah warga rusak.

Berdasarkan catatan dari Babinsa dan di bantu warga setempat, satu rumah warga mengakibatkan rusak berat dan roboh, dan 10 rumah mengalami rusak ringan.

Warga RT 02 RW 07 yang terdampak angin puting beliung adalah Tasminah (59 Th), Wirotaji (50 Th), Slamet (48 Th), Citro (45 Th), Tarmuji (55 Th), dan warga RT 03 RW 07 yaitu, Tumi (55 Th), Ngasmirah (56 Th), Khotijah (40 Th), Tarimo (65 Th), Kemi (65 Th),dan Mangun (50 Th).

Babinsa Desa Gemulung Sertu Yusuf langsung ke tempat kejadian untuk memberi bantuan bersama petugas lainnya. Langkah tersebut merupakan bentuk kepedulian babinsa khususnya TNI/Polri bersama instansi terkait untuk bisa membantu warga masyarakat atas bencana alam yang terjadi di Desa Gemulung.

Salah satu korban dari bencana angin puting beliung adalah Tasminah (59). Rumahnya yang berukuran 4×9 meter dengan dinding papan kayu dan beralaskan tanah ini roboh rata dengan tanah. Untuk saat ini korban mengungsi dirumah tetangga dan menunggu bantuan dari dinas terkait.

Dalam kejadian ini dipastikan tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian di perkirakan akibat bencana ini kurang lebih Rp 50 Juta.

"Semoga masyarakat Desa Gemulung di berikan kesabaran dan ketabahan akibat bencana yang menimpanya," harap Babinsa.

Data yang dihimpun blokTuban.com, selain di Desa Gemulung, Kecamatan Kerek puting beliung juga terjadi di Desa Latsari dan Tergambang, Kecamatan Bancar.

Camat Bancar, Sutaji menjelaskan titik pertama puting beliung terhadi di Pasar Desa Latsari atau lokasinya ada di sebelah balai desa. Selain kios, rumah milik Yoto RT 7 RW 3 Desa Latsari juga terdampak.

"Di Bancar dua desa yang kena puting beliung adalah Desa Latsari dan Tergamgang," sambung Sutaji.

Camat yang hobi olahraga itu juga menerima laporan dari Kades Tergambang. Hujan lebat disertai angin kencang diwilayahnya terjadi mulai pukul 14.00-15.30 WIB.

Menyebabkan beberapa kerusakan berupa pohon besar di Balai Desa Tergambang RT 9 RW 3 roboh dan menyebabkan tower WiFi desa roboh juga atap sebagian kandang warga rusak.

Kabel PJU jalan desa juga putus terkena ranting pohon jati yang roboh. Hingga berita ini ditulis hujan lebat masih mengguyur Kabupaten Tuban. [ali/sas]