Puting Beliung Terjang Dua Kecamatan di Tuban, Ini Data Kerusakan Sementara

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bencana angin puting beliung kembali menerjang di Kabupaten Tuban pada Senin (27/12/2021) sore. Angin ribut tersebut terjadi beriringan dengan hujan lebat yang mengguyur wilayah setempat.

Kerusakan sementara akibat amukan puting beliung yang diterima blokTuban.com, ada di Kecamatan Kerek dan Bancar. Camat Kerek, Sugeng Purnomo mengatakan puting beliung yang menyapu di Kerek terjadi di Desa Gemulung.

"Data sementara ada satu rumah roboh, 10 rumah genting rusak, info sementara dan saat ini masih di data. Kades bersama perangkat desa setempat masih mendata di lapangan," kata Sugeng kepada reporter blokTuban.com.

Diantara pemilik rumah korban puting beliung di Gemulung adalah Wirotaji di RT 2 RW 7 Dusun Gesikan kerugian 200 genteng, Slamet kerugian 100 genteng, Citro kerugian esbes 20 biji/lembar, dan Tarmuji kerugiannya 200 genteng.

"Data kerugian dan kondisi masih terus diupdate. Saat ini informasinya masih sepotong-potong," imbuh mantan Camat Senori itu.

Sedangkan Camat Bancar, Sutaji menjelaskan ada dua desa di wilayahnya yang rusak akibat puting beliung. Titik pertama di Pasar Desa Latsari atau lokasinya ada di sebelah balai desa. Selain kios, rumah milik Yoto RT 7 RW 3 Desa Latsari juga terdampak.

"Di Bancar dua desa yang kena puting beliung adalah Desa Latsari dan Tergamgang," sambung Sutaji.

Camat yang hobi olahraga itu juga menerima laporan dari Kades Tergambang. Hujan lebat disertai angin kencang diwilayahnya terjadi mulai pukul 14.00-15.30 Wib.

Menyebabkan beberapa kerusakan berupa pohon besar di Balai Desa Tergambang RT 9 RW 3 roboh dan menyebabkan tower WiFi desa roboh juga atap sebagian kandang warga rusak.

Kabel PJU jalan desa juga putus terkena ranting pohon jati yang roboh. Hingga berita ini ditulis hujan lebat masih mengguyur Kabupaten Tuban.

"Sementara ini tidak ada korban jiwa," tutup Sutaji. [ali/sas]