Jelang Pergantian Tahun, Pasien Covid-19 di Tuban Nol

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Menjelang pergantian tahun 2021 ke 2022 kasus covid-19 di Kabupaten Tuban benar-benar terkendali. Sebab,  saat ini nihil kasus Covid-19, yakni nol kasus baru, nol angka kesembuhan, nol kematian, dan nol pasien yang dirawat.

Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban pada Minggu (26/12), kasus confirm di Kabupaten Tuban 7566 orang, confirm sembuh 6636 orang, confirm meninggal 930 orang, dan confirm masih di rawat/di pantau  0 orang.

"Saat ini nol pasien yang dirawat. Terakhir ada satu orang yang masih dipantau pada tanggal 24 Desember tapi sudah selesai," ujar Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo dalam keterangannya, Senin (27/12/2021).

Bambang mengajak semua masyarakat untuk tidak abai pada protokol kesehatan, sebab prokes dan vaksin adalah kunci keluar dari pandemi ini. Prokes 3M yang dimaksud adalah memakai masker yang benar, mencuci tangan dengan air dan sabun, serta menjaga jarak aman saat beraktifitas di rumah.

Di malam tahun baru, mantan Kepala Puskesmas Tambakboyo ini menghimbau untuk di rumah saja. Ia khawatir bila euforia masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan, dapat meningkatkan sebaran corona di Tuban yang saat ini sudah masuk level 1 PPKM.

Dalam perayaan pergantian tahun 2021 ke 2022, petugas gabungan  dari Polres, Kodim, Satpol PP dan lainnya juga berencana memperketat penjagaan akses masuk menuju Kota Tuban. Penjagaan tersebut untuk mencegah kerumunan di wilayah kota saat pergantian malam tahun baru berlangsung.

"Kita akan cegah akses masuk menuju kota, ini bertujuan untuk mencegah kerumunan saat tahun baru," ucap Kapolres Tuban, AKBP Darman usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021.

Selain itu, untuk mengantisipasi konvoi saat malam tahun baru, pihaknya juga akan menyiagakan personel di sejumlah titik yang menjadi lokasi tongkrongan anak muda. Seperti di wilayah Alun-alun Kota Tuban, tempat sejumlah wisata dan Jalan Lingkar Selatan (JLS) Tuban. [ali/ono]