Makrab dan Bersih Pantai, Bentuk Kader PMII Berbakti pada Alam

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

bloktuban.com - Menjelang tahun baru Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Unirow Tuban melaksanakan malam keakraban (Makrab) dan bersih-bersih pantai di Pantai Mangrove Center, Desa Sugiwaras, Kecamatan jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung sejak 25 hingga 26 Desember 2021.  

Terkait hal ini, Ketua Komisariat PMII Unirow Tuban, Ucap Mega mengatakan, kegiatan Makrab dan bersih pantai merupakan usaha untuk memperkuat ikatan emosional kader serta meimplementasikan Nilai Dasar Pergerakan (NDP) PMII. "Yakni hablum minal 'alam dan wujud rasa kasih sayang kader PMII terhadap alam," ujarnya.

Pelaksanaan Makrab ini diisi dengan kegiatan diskusi santai serta out bond dengan fasilitator dari pengurus komisariat setempat. Abid, selaku salah satu Ketua Rayon Kalijogo menyatakan, kegiatan PMII ini menjadi kegiatan yang sangat baik untuk meningkatkan kesadaran kepada kaum milienial tentang kewajiban melestarikan alam.  

"Kegiatan PMII ini sangat baik, karena kegiatan seperti ini merupakan wujud usaha penyadaran kepada kader serta anggota pmii untuk melestarikan alam di sekitarnya," tutur David Firmansyah selaku Biro Kaderisai PMII Unirow Tuban.

Kegiatan bersih-bersih pantai dilakukan dengan membersihkan sampah plastik yang mencemari pantai.  

"Saya sangat senang dan sangat bermanfaat bagi kami selaku mahasiswa untuk mewujudkan kesadaran akan pelestarian lingkungan di daerah kami. Harapan kami kegiatan ini tidak hanya saat ini tapi dapat dilaksanakan setiap saat," ujar Ikha, salah satu peserta. [lis]