Libur Natal, 6.000 Orang Berwisata Gratis di Pantai Semilir Tuban

 

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Libur Natal 2021 menjadi momen berharga bagi sebagian masyarakat yang sehari-hari jarang memiliki waktu bersama dengan keluarganya. Banyak dari mereka yang memilih pantai sebagai tempat melepas penat dan merajut kembali keharmonisan.

Di antara kelebihan ke pantai adalah bisa bermain air, pasir, atau menikmati sejuknya angin di bawah rindangnya ribuan pohon cemara. Bagi pecinta selfie juga dapat menambah koleksi foto untuk mengupdate story di sosial media.

Seperti yang terjadi pada hari Minggu (26/12/2021) pagi, lebih dari 6.000 orang mendatangi Pantai Semilir yang terletak di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Lokasi yang berada di tepi jalur Pantura Tuban Km23 adalah wisata gratis yang sedang hits dan ramah untuk anak-anak dan keluarga.

Berbagai rombongan dan komunitas betah dan nyaman datang ke Pantai Semilir. Selain tidak dikenakan tiket masuk, siapapun boleh membawa bekal makanan dari rumah untuk disantap bersama-sama di lokasi. Fasilitas pun juga tergolong lengkap, mulai kamar mandi/toilet, musala, aula, panggung musik, spot selfi, stand makanan dan minuman, dan lain sebagainya.

Rina (29) asal Kabupaten Bojonegoro salah satu pengunjung yang sedang menikmati indahnya Pantai Semilir. Ia datang bersama keluarganya sudah tiga kali ke Socorejo untuk mengisi waktu liburan. "Tempatnya enak, bersih dan cocok untuk main air bagi anak-anak. Bisa bawa bekal terus makan bareng keluarga di sini," ujar Rina kepada Reporter blokTuban.com di lokasi.

Tak hanya keluarga Rina, para orang tua yang mengajak buah hatinya juga asyik main air laut utara Kabupaten Tuban tersebut. Warna air laut yang biru sangat memanjakan mata dan merefresh pikiran wisatawan.

Pantauan di lokasi, teriknya panas tak membuat wisatawan terganggu. Justru mereka terus bermain air, ada pula yang bermain layangan atau motor ATV yang disediakan di Semilir. Mereka yang sudah lapar juga langsung duduk santai di bawah pohon cemara bersama keluarganya.

Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim mengatakan Pantai Semilir telah beroperasi setahun terakhir. Pada liburan Natal tahun ini kurang lebih ada 6.000 sampai 7.000 orang yang datang dari kapasitas 10.000 orang.

Pantai dengan panjang 1,2 Kilometer dan luas kurang lebih lima hektare, dikelola serius oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dengan tim Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Sekaligus menjadi satu-satunya wisata pantai gratis di Kabupaten Tuban.

"Karena ini masih suasana pandemi, protokol kesehatan terus kami terapkan. Kunjungan juga kami batasi 70 persen dari kapasitas sesuai dengan aturan Satgas Covid-19 kabupaten," jelasnya.

Pihak pengelola juga terus menjamin kenyamanan pengunjung, mulai kebersihan lokasi, penyediaan kamar ganti dan toilet dan tempat ibadah. Secara perlahan fasilitas akan dilengkapi sesuai kebutuhan pengunjung. Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan oleh-oleh bisa langsung datang ke stand kaos semilir. Selain kaos juga banyak buah tangan yang ekonomis dan bagus untuk dibawa pulang.

"Semilir sekarang menjadi nadi ekonomi bagi warga Socorejo. Seluruh stand dan potensi seluruhnya melibatkan masyarakat asli desa," pungkasnya. [ali/col]