Kenalkan Produk Khas, Pemkab Tuban Gelar Batik Tuban Mural Festival

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tuban yang ke-728, Pemerintah Kabupaten Tuban menyelenggarakan Batik Tuban Mural Festival pada Minggu (19/12/2021) di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga.

Lomba batik mural tersebut diikuti sebanyak 124 peserta yang terbagi ke dalam 40 grup dari tingkat pelajar maupun masyarakat umum. Dalam kegiatan tersebut turut serta hadir Bupati Kabupaten Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Dandim 0811, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, beserta Kepala OPD terkait.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menyebutkan bahwasanya dalam lomba mural ini peserta memang berkelompok yang mana setiap kelompok maksimal terdiri dari empat orang.

Dalam setiap kelompok sudah ditentukan pula motif batik yang harus dimural. Agus mengungkapkan motif batik yang telah ditentukan semuanya sudah mendapatkan hak paten. “Kita sudah sampaikan saat Technical Meeting bahwa 40 motif batik yang dilombakan sudah mendapatkan hak paten,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tujuan dari diselenggarakan acara ini adalah untuk menanamkan kecintaan terhadap batik tulis Tuban yang sudah dimiliki dan untuk mengenalkan batik ke kalangan pemuda, khususnya para milenial.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, dari Pemkab Tuban akan turut serta mensupport kearifan lokal Tuban, salah satunya dengan menggunakan batik tulis bagi seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Tuban.

“Kalau bisa sepatunya juga hasil dari UMKM Kabupaten Tuban, saya juga berpesan bukan hanya dari satu UMKM tapi bisa menyeluruh se-Kabupaten Tuban,” jelas Bupati muda berusia 29 tahun itu.

Ketua DPD Partai Golkar tersebut juga mengungkapkan bahwasanya di ruang-ruang publik, seperti di GOR dan Taman Sleko sudah disiapkan sebuah space tembok untuk berkarya. “Di sana sudah ada lembaran tembok yang memang disediakan untuk teman-teman berkarya mural batik, tetapi harus berciri khas kearifan lokal Kabupaten Tuban,” terangnya.

Mas Bupati juga berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan bahwa kearifan lokal Tuban harus segera ditingkatkan dan dipromosikan dari banyak sisi. “Rangkaian acara pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Tuban ini untuk mengukur seberapa besar potensi yang dimiliki dari berbagai macam sektor yang ada di Kabupaten Tuban,” paparnya.

Diketahui, penilaian lomba mural akan dilakukan oleh dewan juri yang melibatkan pelaku seni Kabupaten Tuban. Juara pada lomba mural akan diumumkan pula pada hari ini, yakni 3 juara kategori umum dan 3 juara untuk kategori pelajar.

“Penyerahan hadiahnya diserahkan minggu depan pada upacara Hari Ibu pada tanggal 23 Desember,” tutup Agus. [din/col]