Vaksinasi Anak Usia 6 -11 Tahun di Tuban Dimulai, Orang Tua Harus Dukung

Vaksinasi Anak di Tuban (Foto: Istimewa)

 

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - Anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Tuban mulai divakasin hari ini, Kamis (16/12/2021). Pemerintah setempat menargetkan, 101 ribu dosis vaksin untuk anak-anak bisa terealisasi.

 

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menerangkan, Kabupaten Tuban telah sukses menajalankan vaksinasi bagi  masyarakat umum dan lansia untuk dosis 1. Hal itu terbukti, adanya Tuban telah dinyatakan dalam status PPKM level 1.

 

"Setelah sukses menjadikan kabupaten tuban Status PPKM level 1,  pagi hari ini saya datang untuk melihat langsung dimulainya vaksinasi untuk anak usia 6 -11 tahun di sekolah," ujar Bupati Halindra, pasca meninjau vaksinasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) 1 Tuban dan SDN Kutorejo 1 Tuban, Kamis (16/12/2021). 

 

Untuk mencapai target, vaksinasi juga akan dilanjutkan ke sekolah-sekolah lain yang tersebar di Tuban. Bupati berharap,  anak-anak bisa terlindungi dari penyebaran Covid-19 agar nyaman dan aman dalam mengikuti kegiatan belajar tatap muka di sekolah.

 

‘’Kami berharap dengan vaksinasi ini, anak –anak  dapat terhindar dari penularan virus covid 19 sehingga kegiatan belajar mengajar dapat  beraktivitas kembali seperti biasa,”imbuhnya.

 

Pantauan blokTuban.com peninjauan vaksiansi anak usia 6-11 tahun itu, Bupati Tuban didampingai Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin, Kapolres Tuban AKBP Darman, Sekda Tuban Budi Wiyana, serta Kepala Dinas Kesehatan dr. Bambang Priyo Utomo.

 

Semenatara itu, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Suhada Erwin menambahkan, sangat mengapresiasi  dan mendukung penuh pemerintah daerah dengan dimulainya vaksinasi Covid-19 bagi anak-anak sekolah usia 6 -11 tahun tersebut. Pihaknya berharap ada peran orang tua untuk mendukung putra-putrinya dalam mensukseskan program vaksinasi dari pemerintah ini. 

 

“kodim 0811 tuban siap mendukung penuh dalam menyukseskan program dari pemerintah daerah,”tegas Dandim.

 

Pelaksanaan vaksinasi bagi anak ini dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization/ITAGI) melalui surat nomor 166/ITAGI/Adm/XII/2021 tanggal 9 Desember 2021 perihal kajian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun dan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (KMK) Nomor HK.01.07./MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Bagi Anak Usia 6 - 11 Tahun. [rof]