PPKM Level 3 Batal, Pengelola Wisata Tuban Siap Taat Prokes

Wisata Alam Ngglirip (foto: Mochamad Nur Rofiq)

 

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - Keputusan Pemerintah membatalkan kebijakan penerapan PPKM Level 3 jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) jadi angin segar bagi pengelola wisata di Kabupaten Tuban. 

 

"Kami menyambut dengan senang hati karena tidak ada rasa was-was lagi," ujar pengelola wisata alam air terjun Nglirip, Multazam, kepada blokTuban.com.

 

Kesempatan ini, dirasa menguntungkan bagi pelaku usaha wisata. Sebab, ini menjadi momen untuk membangkitkan ekonomi setelah dihimpit pandemi Covid-19.

 

Meski begitu, pihaknya memastikan akan tetap mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat di lokasi wisata. Ia juga menghimbau bagi para wisatawan dapat mematuhinya dan ikut menekan penyebaran virus yang sudah bermutasi menjadi beberapa varian tersebut.

 

"Tentu kami akan tetap mmperketat protokoler sesuai aturan yang ada," tegasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, pemerintah kembali mengubah kebijakan terkait penanganan Covid-19 pada masa libur Nataru dengan membatalkan rencana PPKM Level 3 Nasional.

 

"Pemerintah memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM level 3 pada periode Nataru pada semua wilayah. Penerapan level PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen situasi pandemi sesuai yang berlaku saat ini, tetapi dengan beberapa pengetatan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Luhut, mengutip dari suara.com.

 

Luhut menilai penambahan kasus harian Covid-19 masih terkendali, akselerasi vaksinasi, dan upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) terus membaik dalam sebulan terakhir.

 

Oleh sebab itu, pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakuan di semua wilayah jelang nataru. [Rof]