Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Rombongan dari Bupati, Wakil Bupati, perwakilan Forkopimda Kabupaten Blora, Jawa Tengah mengunjungi Makam Tjitrosoman yang berada di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban pada (8/12). Kunjungan tersebut dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Blora yang ke-272.

Bupati Blora, H. Arief Rohman mengungkapkan bahwa kunjungan tersebut sebagai bentuk penghargaan generasi penerus pada leluhur. “Menurut sejarah yang tertulis, yang dimakamkan di sini adalah Bupati pertama Blora yakni, Tumenggung Wilatikta. Kita berziarah untuk menghormati jasa-jasa beliau, semoga memberikan inspirasi pada masyarakat Blora akan perjuangan beliau ketika itu,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus yayasan dan Pemkab Tuban yang sudah merawat makam Bupati Blora yang pertama. Kehadiran rombongan Bupati Blora disambut oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban, Perwakilan Disparbudpora, serta Forkopimcam Semanding.

M. Mahmud, Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban menyampaikan terima kasihnya kepada rombongan bupati Blora karena telah berkunjung ke Tuban dan menjalin silaturahmi antara Blora Tuban.

“Kita bersinergis, dalam arti Blora dan Tuban juga bertetangga. Ibaratnya kami juga saling berkaitan. Kami siap untuk merawat makam sesepuh-sesepuh kita karena leluhur Blora di makam ini juga leluhur Tuban,” terangnya.

Bupati Blora kembali menambahkan bahwasanya di Blora juga terdapat leluhur Tuban. “Mbah Sunan Pojok itu ceritanya dulu berhubungan erat antara Tuban dan Blora. Kita saudara muda, Tuban ini saudara tuanya Blora. Blora baru 272, Tuban sudah ke- 728 ya,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Semanding, Singgih Sunyoto mengungkapkan bahwa tiap tahun rombongan Bupati Blora selalu mengunjungi Makam Keluarga Tjitrosoman ketika memperingati hari jadi Kabupatennya.

Diketahui, bahwa Bupati Pertama Blora merupakan menantu dari Raden Tumenggung Tjitrosoman VII yang pernah menjabat sebagai Bupati Kabupaten Tuban di Tahun 1821. [din/sas]