Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Bupati Kabupaten Tuban, Aditya Halindra Faridzky bersama wakilnya, H. Riyadi, beserta para jajarannya pada Selasa (7/12/2021) memberangkatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tuban untuk korban bencana alam erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang dari Rumah Dinas Bupati Kabupaten Tuban.

Eko Julianto, Kepala Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Tuban melaporkan bahwa bantuan yang terkumpul untuk bencana alam erupsi Gunung Semeru sebesar Rp 154.490.099 yang merupakan sumbangan sukarela dari ASN semua kecamatan serta Badan Amal dan Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tuban. 

Bantuan yang akan disalurkan langsung oleh BPBD, Dinas Sosial P3A, serta BAZNAS Kabupaten Tuban tersebut tidak hanya berupa uang tunai, melainkan sembako dan juga keperluan untuk dapur umum. 

"Kami sudah koordinasi dengan Kadinsos Lumajang terkait dengan yang dibutuhkan di sana. Jadi kami sudah belanjakan juga untuk keperluan dapur umum meliputi ikan asin, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, kecap, terasi, bumbu pecel, kerupuk udang, yang saat ini sangat dibutuhkan di sana,” ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengatakan bantuan ini merupakan bentuk solidaritas dari Pemkab Tuban untuk seluruh masyarakat Lumajang yang mengalami bencana alam Gunung Semeru. 

“Bantuan ini jangan dilihat dari segi nominalnya tapi dari bagaimana kita bersama-sama membantu saudara-saudara kita di sana. Semoga ini semua berkah, untuk masyarakat yang ada di sana semoga kondisinya segera membaik,” ujarnya. 

Bupati Halindra juga menambahkan, akan terus berkoordinasi dengan dinas setempat dan menurunkan semua elemen untuk membantu satu sama lain. 

“Nanti dikoordinasikan lagi. Apabila bantuan ini cukup maka kita cukupkan, kalau belum ya kita nanti koordinasikan terus. Sedikit hal yang kita lakukan ini adalah bentuk kekeluargaan kita semua untuk masy jatim dan seluruh Indonesia,” pungkasnya. [din/col]