Selama Pandemi Data Pemilih Tuban Bertambah Menjadi 942.644 Orang

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tuban melaksanakan kegiatan koordinasi dan evaluasi bersama 20 media di Tuban pada Senin (6/12/2021) di Kantor Bawaslu Kabupaten Tuban.

Hadir pula pimpinan Bawaslu Tuban M. Arifin yang juga sebagai Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga dan pimpinan KPU Tuban, Moh. Nurokhib yang merupakan Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi.

M. Arifin dalam penyampaiannya mengucapkan terimakasih atas partisipasi media dalam mengawal berbagai pesta demokrasi yang ada di Kabupaten Tuban. Ia berharap bisa terus bekerjasama dengan media untuk pelaksanaan pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah ke depan.

“Media merupakan mitra strategis kami dalam proses pengawasan Bawaslu Tuban,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dipaparkan pula hasil kinerja Bawaslu pada Tahun 2021. Mulai dari pengawasan data pemilih berkelanjutan, program penguatan kelembagaan sampai dengan Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP). Dalam program SKPP Dasar Bawaslu Tuban mengirimkan 15 Kader Pengawas Partisipatif, SKPP menengah di Batu mengirimkan tiga kadernya dan SKPP tingkat lanjut mengirimkan satu kader.

Selain Program SKPP, Bawaslu juga melaksanakan pelbagai kegiatan untuk penguatan kelembagaan, mulai dari koordinasi dengan Sekolah MA AL-Falah Bangilan, pendidikan pengawas partisipatif di Unirow, pembinaan bersama dengan pemantau pemilu dan alumni SKPP Bawaslu serta koordinasi dan evaluasi dengan media.

“Selain banyaknya kegiatan itu, kita juga melaksanakan pengawasan data pemilih berkelanjutan setiap bulannya,” ungkap pria asal Kecamatan Semanding.

Di tempat yang sama, Moh. Nurokhib yang juga sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut memaparkan hasil data pemilih berkelanjutan yang merupakan salah satu program dari KPU.

“Data pemilih ini menjadi acuan dalam pelaksanaan Pemilu atau Pilkada, sehingga data pemilih menjadi fokus tersendiri untuk terus dimutakhirkan,” sambungnya.

Untuk diketahui bahwa hasil pengawasan Bawaslu Tuban terhadap data pemilih berkelanjutan mengalami kenaikan dari Data Pemilih Tetap pada Pilkada 2020 yang berjumlah 942.519 dan pada Bulan November 2021 Data Pemilih di Kabupaten Tuban sebanyak 942.644 Pemilih.

Kenaikan tersebut disebabkan banyaknya temuan jumlah pemilih baru yang lebih banyak dibanding dengan pemilih yang tidak memenuhi syarat. [ali/col]