Camat Soko Pastikan Petani Dusun Kandangan Dapat Solusi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Usai melakukan pengecekan pekerjaan pembangunan irigasi Kali Deker yang ada di persawahan Desa Simo, Kecamatan Soko beberapa waktu lalu, Camat Soko memastikan petani Dusun Kandangan desa setempat mendapatkan solusi terbaik.

Camat Soko, Sudarto saat dijumpai blokTuban.com menuturkan bahwa akhir tahun ini debit air sungai avur begitu deras sebab curahan musim hujan. Air mengalir ke daerah proyek yang belum selesai, mengakibatkan bangunan teknis fisik pekerjaan ini terbengkalai.

"Karena begitu ada terjangan air, bangunan berantakan. Mengakibatkan bendungan akhir menuju perumahan warga dan persawahan jebol," ulas Sudarto.

Maka dari itu, pihaknya melakukan pengecekan pekerjaan dari CV. Lima Putra yang mana sempat berakibat air hujan meluber membanjiri rumah warga yang ada di Dusun Kandangan.

"Perlu kami carikan solusi, pertama pihak rekanan harus segera membuat pintu air. Dan sudah disanggupi. Kedua, segera melakukan perbaikan bangunan saluran air sampai menuju bendungan yang jebol," lengkapnya lagi.

Selanjutnya, Camat Soko juga mengibau supaya pihak pemboronh proyek membuat bendungan sementara. Sehingga pipa paralon warga tani yang digunakan untuk mengaliri sawah bisa dimanfaatkan mengairi lahan pertanian yang ada.

Dengan target pembangunan Pemerintah Kabupaten Tuban yang ditekan usai akhir tahun 2021 ini, pihaknya berharap supaya proyek bisa sesuai dengan schedule dan lancar. [feb/sas].