Tips Memulai Bisnis Bucket Snack Kekinian

 

Kontributor: Fina Lailatul Fadhilah

blokTuban.com - Memberi hadiah kepada seseorang seringkali menjadi hal yang diutamakan. Seperti saat seseorang usai menjalani sidang skripsi, wisuda, maupun acara ulang tahun. Saat ini, hadiah bucket snack menjadi tren.

Selain bentuknya lucu dan isinya dapat dipilih sesuai keinginan, bucket snack juga memiliki kesan romantis untuk sahabat atau pasangan. Bagi yang ingin berkreasi membuat sendiri bucket snack, jangan khwatir soal budgetnya.

Seperti namanya, bucket snack biasanya diisi beberapa jenis makanan ringan dengan harga terjangkau. Berbeda dengan bucket bunga yang harganya bisa lebih mahal.

Adapun langkah memulai bisnis bucket snack, PR Kalijogo menyelenggarakan sebuah pelatihan membuat bucket snack di Gedung N II Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban. Pelatihan tersebut digelar supaya para mahasiswi dapat membuka usaha sendiri dan juga bisa menjadi ladang usaha Rayon Kalijogo.

Linda selaku pengurus PR Kalijogo mengaku kegiatan ini dimaksudkan agar kader PMII Rayon Kalijogo tetap produktif di masa pandemi. Bucket snack adalah inovasi bingkisan yang memiliki bentuk dan desain kekininan dengan nilai estetika yang lebih tinggi.

"Bahan-bahannya mudah ditemukan dan harganya yang terjangkau. Cara pembuatannya yang mudah menjadi alasan utama dalam memberikan pelatihan pembuatan bucket snack ini," ujar Linda kepada blokTuban.com, Minggu (5/12/2021).

Usaha tersebut, lanjut Linda cukup menjanjikan bagi pemuda karena berbekal dari snack yang mudah didapatkan dan bisa dibeli dari warung terdekat. Perlengkapan yang dibutuhkan juga murah seperti lem, gunting, kardus bekas, snack, pita, benang wol dan kain sponbound. Tak butuh waktu lama terciptalah bucket snack yang sangat menarik.

"Hasil kreasi tersebut kemudian dijual dan dapat dijadikan sebagai uang saku tambahan. Soal harga bisa disesuaikan dengan isinya. Semakin banyak isi tentu harga bucket berbeda pula,” imbuhnya

Pelatihan yang diikuti oleh anggota Rayon kalijogo juga menarik perhatian sebagian mahasiswa lain. Untuk mendapat ilmu membuat bucket, setiap peserta cuma membayar iuran Rp10.000.

Langkah awal untuk membuat bucket ialah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Selanjutnya membuat pola seperti kipas dikardus untuk penyangga lalu digunting dan dirangkap dua agar tidak meleyot.

Snack yang sudah tersedia kemudian ditempelkan dan disusun pada kardus yang sudah membentuk menggunakan lem tembak sesuai selera. Ambil kain lalu dilipat menjadi dua dan naikan sedikit lipatan. Jangan lupa lipat sisi kanan dan kiri kain.

Setelah itu letakan rangkaian snack di atas kain yang sudah dilipat. Tata dan sesuaikan bagian atas dan bawah bucket. Terakhir setelah rapi ikat bagian bawah dengan menggunakan pita, dan bucket snack selesai dibuat. [lis]

 

*Penulis adalah Mahasiswi Magang di blokTuban.com, dan sekarang masih Semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Unirow Tuban*.