Alumni SMK TJP Tuban Perkuat Indonesia di Kompetisi Pengelasan Internasional 

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna Jaya Prawira (TJP) Tuban, Hery Priyanto akan mengikuti kompetisi pengelasan di kancah internasional atau International Welding Remote Competition. 

Hery yang beralamat RT 04 RW 04 Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Tuban akan memperkuat Indonesia bersama tim Welding Kampuh Indonesia. 

Kiprah alumni SMK TJP di ajang yang bakal digelar di Kota Shanghai China itu dibenarkan Waka Humas SMK TJP Achmad Chairul Mizan. Kepada reporter blokTuban.com, Mizan mengatakan karena situasinya masih pandemi sehingga lombanya digelar secara daring pada tanggal 6-8 Desember 2021 di Surabaya.

"Saat ini info yang kami terima lombanya di Surabaya tepatnya di Kampuh Welding Indonesia," ujar Mizan, Sabtu (4/12/2021). 

Dikatakan Mizan bahwa Hery sebelumnya belajar di SMK TJP jurusan tehnik pengelasan. Saat kelas 3, pelajar tersebut diikutkan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Wilker tingkat Jawa Timur dan juara 3. 

Prestasi tersebut kemudian mengantarkan karir Hery diterima bekerja di sebuah perusahaan. Untuk meningkatkan skillnya, ia ikut pelatihan di Kampuh Welding Surabaya. 

"Saat pelatihan ada penjaringan dan akhirnya alumni SMK TJP lolos ke tingkat internasional," imbuhnya. 

Pihak sekolah bangga, sebab Hery merupakan satu-satunya yang berasal dari Kabupaten Tuban. Selain Hery, satu angkatannya yang bernama Nuril Anam lebih dulu menyabet medali emas di ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional 2021 yang diadakan secara daring pada 24-31 Oktober 2021. 

Nuril Anam sendiri mewakili Jawa Timur di bidang lomba Teknik Percetakan Plastik. Torehan prestasi inilah diharapkan menjadi motivasi bagi pelajar SMK TJP untuk meneruskan tradisi sebagai juara. 

"Kegiatan-kegiatan semacam ini menjadi cikal bakal SMK TJP mampu mengantarkan siswanya berprestasi," katanya. 

Semula jadwal kompetisi internasional akan digelar pada bulan Februari 2022 mendatang. Saat bertemu dengan tim dari berbagai negara, akan menjadi kesempatan bagi tim Indonesia khususnya alumni SMK TJP untuk melihat sesuatu yang dimiliki negara lain. 

Perlu diketahui, para alumni SMK TJP yang sudah bekerja dapat meningkatkan keilmuannya di Kampuh Welding Indonesia. Hal ini karena SMK TJP Tuban dan Kampuh Welding telah menjalin kerjasama untuk mencetak para juara. [ali/ono]