Skateboard, Olahraga yang Digandrungi Para Pemuda Tuban

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Saat ini terdapat berbagai macam jenis olahraga yang digandrungi anak-anak muda di Kabupaten Tuban, salah satunya adalah skateboard. Meskipun skateboard termasuk ke dalam jajaran olahraga esktrem, tetapi tetap memiliki peminat besar di kalangan anak muda, bahkan menjadi tren.

Dari beberapa sumber mengatakan skateboard pertama kali muncul pada tahun 1950-an di California, Amerika Serikat. Menurut sejarah singkatnya, skateboard memiliki konsep yang hampir sama dengan papan selancar. Bedanya papan selancar tersebut digunakan di jalanan bukan di laut.

Salah satu skater di Kabupaten Tuban adalah Su’ud. Ia mengaku mulai hobi bermain skateboard kurang lebih sejak satu tahun yang lalu. “Dulu itu liat temen yang main skateboard, terus keliatannya asik jadi coba main dan ketagihan sampai sekarang,” jelasnya saat ditemui reporter blokTuban.com di GOR Rangga Jaya Anoraga pada (28/11/2021).

Pemuda 21 tahun tersebut mengaku biasanya sering berlatih skateboard bersama teman-temannya yang tergabung dalam station skate tuban. “Mainnya di sini (GOR) biasanya malem-malem habis isya,” terangnya.

Selama bermain skateboard, Su’ud juga pernah mengikuti perlombaan skateboard yang diselenggarakan oleh internal skater senior. “Kalau lomba yang semacam Porkab itu belum ada kayanya skateboard sendiri, dulu pernah ada tapi gabung sama lomba sepatu roda, sekarang nggak ada lagi,” ujarnya.

Penghobi skateboard di Tuban menurutnya juga termasuk banyak, Ia mengatakan kurang lebih sampai 50 orang. “Dulu pernah gathering skater se-Tuban banyak yang ikut,” jelasnya.

Berlatih skateboard juga bukan hal mudah, desainer grafis tersebut mengungkapkan jika untuk belajar jalan di atas papan mungkin hanya membutuhkan waktu dua hari, namun untuk teknik lain butuh waktu yang lebih lama.

“Belajar loncatnya yang menurutku paling susah, aku kurang lebih enam bulan baru bisa, cedera paling ringan sih soalnya sering kebentur papannya,” lanjutnya.

Meskipun di GOR sudah terdapat arena untuk bermain skateboard, menurut Suud arena tersebut masih kurang standart. 

“Standartnya itu banyak rintangannya, kaya rel, box, matrix. Teman-teman juga sudah request lama katanya,” ujarnya.

Standart harga papan skateboard juga terbilang mahal, untuk papan skateboard baru yang sudah fullset diperkirakan sampai satu jutaan. “fullset ini maksudnya papan sama rodanya, soalnya bisa ngerakit sendiri dan dibeli terpisah. Harga juga tergantung mereknya sih,” pungkasnya. [din/col]