Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir

 

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan rumah milik warga di Dusun Kandangan, Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban terendam banjir usai hujan deras melanda kawasan Tuban selatan, Jumat (26/11/2021) sore tadi. 

Air banjir sampai masuk ke rumah warga, dikarenakan bangunan dam deker yang ada di utara desa jebol dan belum tertangani.

Dari penuturan sejumlah warga, tercatat setidaknya 30 rumah harus bersiaga apabila banjir datang lagi. Karena, dalam sehari ini saja banjir sudah datang dan surut tiga kali.

"Banjir audah tiga kali dalam sehari ini. Airnya dari sungai dam deker yang jebol, yang tak kunjung usai sampai lari ke sini semua airnya," ucap Niam, warga Kandangan sembari melebarkan buangan air yang terus menggenang du depan rumahnya.

Dia menambahkan, air banjir dari sungai dam avur desa setempat itu masuk ke rumah-rumah warga. Sehingga merepotkan warga, dan mereka harus mengamankan barang-barang yang rawan rusak jika terkena air.

"Satu RT bisa kebanjiran semua ini. Harapan kami ya pembangunan (dam deker red*) cepat terselesaikan agar kami gak kebanjiran terus. Karena ini baru awal musim penghujan juga," imbuhnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Maimunah. Menurutnya, sebelum ada perbaikan dam deker, wilayah permukimannya tidak pernah terendam banjir. Namun, karena perbaikan belum selesai jadi saat ini berakibat banjir.

"Air sampai masuk rumah. Ya repot lah, harus ngepel dan bersihkan barang-barang. Kalau saja bangunan dam itu cepat jadi, rumah kita mungkin nggak akan kebanjiran begini," katanya mengeluh. [feb/col]